SD Negeri Ini Cuma Dapat 3 Siswa Baru

Senin, 15 Juli 2013 | 15:40 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Sekolah Dasar (SD) Negeri Tanjungsari 2 Kecamatan Rembang hanya mendapatkan tiga siswa baru pada tahun ajaran baru 2013/2014. Pada tahun ajaran yang lalu, sekolah itu bahkan tidak mendapat satu pun siswa baru.

Sementara, total siswa di sekolah tersebut berjumlah 35 orang. Rinciannya, kelas dua tidak ada siswa, kelas tiga enam orang, kelas empat lima orang, kelas lima enam 11 orang, dan kelas enam sepuluh orang.

Kepala SD Negeri Tanjungsari 2 Jumiatun yang ditemui Senin (15/7) siang mengaku tidak mengetahui penyebab minimnya jumlah siswa yang mendaftar masuk sekolahnya. Ia berdalih baru dua bulan bertugas di sekolah tersebut.

Atas jumlah siswa baru yang tiga orang itu, pihaknya sudah berusaha memahamkan orang tua untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain. Namun mereka menolaknya dengan alasan takut tidak diterima karena masa pendaftaran siswa baru sudah berakhir.

Jumiatun pun kini mengaku dipusingkan dengan jam mengajar empat guru kelas, tiga guru tidak tetap, satu guru agama, dan satu guru olahraga. Apalagi mayoritas dari mereka sudah bersertifikasi, sehingga harus mengajar 24 jam dalam seminggu agar tetap mendapat tunjangan.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Dandung Dwi Sucahyo mengaku akan membahas lebih lanjut persoalan ini dengan pihak sekolah. Namun untuk sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah itu tetap akan digelar meski dengan tiga siswa.

Terkait kemungkinan untuk melakukan re-grup atau penggabungan dengan SD Negeri Tanjungsari 1, pihak dinas masih harus mengkajinya terlebih dahulu. Sebab pihaknya juga khawatir, para siswa akan menjadi enggan bersekolah apabila digabung.

Hanya saja, menurut Dandung, minimnya jumlah siswa yang masuk di SD Negeri Tanjungsari 2 lebih karena potensi bibit siswa di wilayah itu yang memang minim. Apalagi, ada tren di sebagian masyarakat yang memilih menyekolahkan anaknya di sekolah yang lebih jauh karena dinilai berkualitas lebih baik dari sekolah setempat.

Untuk diketahui, tiga siswa yang sedang akan menapaki kelas 1 di SD Negeri Tanjungsari 2 berasal dari wilayah RT 1 RW 4 Dusun Jogotami Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Rembang. Ketiganya adalah Wisnu Tri Wicaksono, Fania Alifia Nofianti, dan Andini Fransiska Putri. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan