Pendidikan di TK, Mencerdaskan Intelektual Saja Tak Cukup

Sabtu, 2 Maret 2013 | 15:00 WIB
IGTKI Rembang

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesias (IGTKI) Rembang

REMBANG, MataAirRadio.net – Proses pendidikan di tingkat taman kanak-kanak selama ini lebih mengedepankan kecerdasan intelektual, sehingga seorang anak dianggap baik apabila memiliki nilai akademik bagus.

Namun, menurut Sekretaris Ikatan Guru TK Indonesia Kecamatan Rembang, Mari Utami kepada reporter MataAir Radio, Sabtu (2/3) siang, kecerdasan tidak cukup intelektual.

Utami menambahkan, kecerdasan emosional juga perlu ditanamkan kepada seorang anak untuk mempertahankan kesuksesannya. Ia menegaskan, anak-anak perlu dibekali kemampuan bertoleransi, lifeskill, dan memelihara karakter.

Sekretaris IGTKI Kecamatan Rembang Mari Utami juga mengatakan, dalam upaya mengingkatkan mutu pendidikan anak usia dini, pihaknya melakukan pengembangan kemampuan guru.

Menurutnya, peran guru dalam proses belajar mengajar tidak sekadar menerangkan dan peran anak didik tidak hanya mendengarkan. Guru, kata Utami dituntut menjadi motivator, memberikan rangsangan kepada anak didik, sehingga kreativitas anak-anak tergali.

Ia menambahkan, kualitas mengajar guru akan IGTKI tingkatkan dengan menetapkan sederet program kerja di antaranya mengadakan seminar, workshop, maupun pelatihan-pelatihan yang mampu meningkatkan kualitas guru itu sendiri.

Sementara untuk memompa kreativitas anak, IGTKI Kecamatan Rembang menggelar lomba Gelar Kreativitas Anak Sholeh yang dikemas sekaligus dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad. Acara tersebut digelar di Sanggar Budaya Kompleks Museum Kartini Rembang. (Wahyu Salvana)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan