Sambut Kurikulum Anyar, Rembang Kirimkan 10 Calon Guru Inti

Jumat, 8 Maret 2013 | 13:40 WIB
Kurikulum 2013

Kurikulum 2013

REMBANG, MataAirRadio.net – Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang akan mengirimkan sepuluh calon guru inti ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka bakal mengikuti tahap awal pendidikan dan pelatihan atau diklat persiapan penerapan kurikulum 2013.

Guru inti adalah guru berprestasi dan teladan yang akan didaulat sebagai trainer atau pelatih dalam penerapan kurikulum anyar pada Juli mendatang. Guru inti akan ditetapkan melalui seleksi ketat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Dandung Dwi Sucahyo kepada reporter MataAir Radio, Jumat (8/3) pagi menjelaskan, pengiriman sepuluh calon guru inti dilakukan setelah pihaknya menerima surat dari Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam surat itu, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang diminta mengirimkan peserta diklat Training of Trainer (TOT) guru inti. Diklat akan dilakukan secara bertahap.

Menurut Dandung, lima guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan lima guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), akan dikirimkan mengikuti diklat tahap awal tersebut.

Dandung menambahkan, saat ini jumlah guru mata pelajaran PKn ada sebanyak 125 orang guru, sedangkan guru IPS ada sebanyak sekitar 160 orang guru.

Menurutnya, setelah semua guru mata pelajaran mengikuti diklat, maka nanti akan ada instruksi untuk menggelar kegiatan serupa di tingkat kabupaten. Guru inti alumnus diklat nasional akan menjadi pelatih diklat bagi guru sasaran atau guru mata pelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk 666 orang dosen sebagai instruktur nasional untuk memberikan pelatihan kepada guru inti. Seorang guru inti nantinya akan melatih 10 hingga 15 guru sasaran. Diklat berdurasi 52 jam tersebut diintensifkan sebagai persiapan penerapan kurikulum 2013 yang akan digulirkan pada Juli nanti. (Afta Ahmad)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan