Kelulusan SMA/MA Turun 0,31 Persen

Sabtu, 26 Mei 2012 | 12:49 WIB

KOTA – Pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA/SMK di Kabupaten digelar secara serentak, Sabtu (26/5) siang. Siswa SMK kembali mencapai kelulusan seratus persen sebagaimana tahun lalu.

Kepala Bidang Kurikulum pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Mardi, Sabtu (26/5) mengatakan, meski angka kelulusan tingkat SMK mencapai seratus persen, tidak demikian halnya dengan SMA/MA.

“Angka kelulusan untuk siswa tingkat SMA/MA hanya 99,52 persen. Padahal tahun lalu, kelulusan siswa tingkat SMA/MA mencapai 99,83 persen,” kata Mardi ketika dihubungi suararembang melalui saluran telepon.

Ia menyebutkan, ujian nasional tingkat SMA/MA diikuti oleh 2.183 siswa SMA dan 1.446 siswa MA. “Dari jumlah itu, ada 17 siswa yang tidak lulus,” katanya tanpa menyebut jumlah siswa yang tak lulus pada masing-masing jenjang SMA/MA.

 Meski tingkat kelulusan tak sebaik tahun lalu, ia mengaku keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras semua komponen pendidikan yang tak kenal lelah membimbing siswa selama persiapan menghadapi UN.

“Dari keluarga, sekolah dan unsur dinas secara terus menerus memberikan dorongan kepada siswa baik itu melalui try out maupun pembekalan mental sehingga siswa bisa mencetak prestasi lulus yang sangat baik pada tahun ini,” ujar dia.

Sementara itu, saat mengumumkan kelulusan untuk para siswanya, sejumlah sekolah di Kabupaten Rembang memilih tidak mengundang siswanya ke sekolah untuk menerima hasil kelulusan.

Beberapa SMA memilih menyebarkan hasil UN melalui layanan pesan singkat (sms) dan laman resmi sekolah. Sebagian lainnya akan mengundang orang tua siswa untuk menerima hasil UN dan kelulusan anak-anaknya.

“Kami sudah melayangkan undangan khusus kepada sebanyak 247 orang tua siswa kelas XII. Mereka hadir ke sekolah Sabtu jam dua siang,” kata Setya Purwaka, Kepala SMAN 1 Rembang.

Lain di halnya di SMKN 2 Rembang. Pihak sekolah sudah mengumpulkan semua nomor telepon siswa dan orang tuanya untuk kepentingan pengumuman hasil UN. Hasil kelulusan dikirimkan ke nomor yang telah disimpan, mulai pukul 14.00 WIB pada Sabtu (26/5).

“Kami jauh hari sudah mengimbau siswa untuk tidak datang ke sekolah saat kelulusan. Apalagi menggelar konvoi di jalan raya,” kata Gatot Raharjo, kepala SMKN 2 Rembang.

Kepala SMKN 1 Rembang, Singgih Daryanto menambahkan, pihaknya lebih memilih mengumumkan kelulusan melalui laman resmi sekolah. Pihaknya juga telah mewanti-wanti agar siswanya tak menggelar konvoi. Apalagi beberapa waktu lalu sejumlah siswanya sempat terlibat tawuran dengan siswa sekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rembang, Dandung Dwi Sucahyo mengucapkan selamat atas kelulusan yang bisa dicapai pada tahun ini.

“Kami berharap mereka yang lulus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bisa diterima masuk ke dunia kerja,” kata dia seraya menyebutkan kelulusan untuk jenjang SMP/MTs akan diumumkan pada 2 Juni 2012. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan