Hendak Diuji Kompetensi, Guru Resah

Minggu, 15 Januari 2012 | 05:41 WIB
KOTA – Sejumlah guru yang masuk dalam kuota sertifikasi pada 2012 resah sebab untuk mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan meraih sertifikasi pendidik, mereka wajib lulus tes kompetensi awal.

“Kami memahami keresahan sejumlah guru terkait syarat lulus tes kompetensi awal agar bisa mengikuti PLPG dan meraih sertifikasi pendidik. Karena itu, kami berharap setiap pendidik mempersiapkan diri semaksimal mungkin,” kata Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Mashadi di Rembang, Sabtu (14/1).

Menurut dia, meski sudah masuk kuota sertifikasi pada tahun ini, namun jika tidak lulus tes kompetensi awal, para guru itu tidak bisa mengikuti pendidikan latihan profesi guru dan tentu saja gagal memiliki sertifikat pendidik pada 2012.

“Mereka yang tidak lulus tes kompetensi awal, tidak bisa mengikuti PLPG dan masih harus dibina oleh Dinas Pendidikan setempat. Kuota yang tak terisi akibat ada guru gagal tes kompetensi awal, tetap tidak bisa diisi dan mereka hanya bisa mengulangnya pada tahun berikutnya,” kata dia.

Mashadi menyebutkan, tes kompetensi awal dijadwalkan digelar pada 8 Februari 2012, namun jadwal tersebut masih belum pasti seiring belum adanya konfirmasi resmi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara tes kompetensi awal tersebut.

“Meski jadwal masih belum pasti, kami tetap berharap guru-guru yang sudah masuk kuota sertifikasi agar mempersiapkan diri,” kata dia.

Ia juga menyebutkan pada 2012, Kabupaten Rembang mendapatkan kuota sertifikasi sebanyak 805 orang guru. “Awalnya, kabupaten ini hanya dijatah 600 orang guru untuk sertifikasi, namun setelah kami lakukan negosiasi, kuota akhirnya bertambah menjadi 805 orang. Semoga kesempatan ini mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap mereka yang masuk kuota,” kata dia.

Ia mengatakan, guru kuota sertifikasi pun tidak bisa lantas lega jika lulus tes kompetensi awal, sebab penentu seorang pendidik merengkuh sertifikasi adalah juga lulus PLPG.

“Jika lulus tes kompetensi awal, namun tidak lulus PLPG, guru tersebut juga tidak bisa mendapatkan sertifikat pendidik,” kata dia.

Pada 2011 lalu, dari sebanyak 688 guru yang mengikuti PLPG, lima orang di antaranya tidak lulus. “Empat orang dari lima guru yang tidak lulus PLPG mengulang pada tahun ini dan seorang lagi meninggal dunia. Mereka yang mengulang itu, di luar kuota pada 2012,” kata dia.

Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang mencatat, sampai saat ini sudah ada sebanyak 2.602 guru di kabupaten itu yang telah bersertifikasi, terdiri atas 1.764 guru yang tunjangan sertifikasinya didanai dari APBD kabupaten dan 298 guru didanai APBN. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan