Musim Pengadaan Buku, Hati-Hati Memilih Buku Ajar

Kamis, 3 Januari 2013 | 15:56 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net, Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang berharap setiap sekolah di kabupaten ini agar berhati-hati memilih buku ajar bagi anak didiknya seiring segera datangnya musim pengadaan buku setelah penetapan anggaran pada 2013.

Kehati-hatian tersebut, menurut Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang Edi Winarno kepada reporter MataAir Radio, Kamis (3/1), agar kejadian tidak sesuainya buku dengan umur anak didik sebagaimana yang sempat menghebohkan dunia pendidikan pada 2012, tidak terulang tahun ini.

Edi berpendapat, kecolongan pihak sekolah dari buku-buku yang tidak sesuai dengan umur peserta didik biasanya bermula dari tidak ada tim pemesanan atau pengadaan buku.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang Edi Winarno juga mengatakan, pihak sekolah perlu terlebih dahulu menyusun kebutuhan buku peserta didiknya.

Menurutnya, pihak sekolah juga bisa meneliti buku-buku yang akan dipesan dengan menghimpun terlebih dahulu informasi seputar isi buku tersebut melalui perselancaran di dunia internet.

Edi menyebutkan, ada banyak toko dalam jaringan atau “online” yang bisa digunakan sebagai referensi pihak sekolah, agar tidak terjerumus dan kecolongan dari buku-buku yang tak layak dibaca peserta didik.

Kepala Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rembang, Mardi pun mengatakan, sejumlah kasus buku ajar yang sempat mencuat pada 2012, perlu dijadikan pelajaran bagi sekolah.

Menurut dia, sekolah harus memilih buku yang relevan dengan setiap mata pelajaran yang akan diberikan. Pihaknya pun mengimbau siswa dibebaskan menggunakan buku ajar kakak kelasnya yang masih sesuai dengan mata pelajaran yang akan disampaikan.

Pihak Dinas Pendidikan juga sudah membuat arahan di antaranya buku ajar tidak boleh menyimpang dengan kurikulum yang ditentukan. Buku ajar juga tidak memuat konten pornografi yang bisa menyesatkan siswa. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan