Cheng Diminati Semen Padang, Rudi Dilirik Palangkaraya

Jumat, 1 November 2013 | 13:26 WIB
Striker PSIR Rembang Rudy Santoso saat berduel dengan pemain Persema Malang.

Striker PSIR Rembang Rudy Santoso saat berduel dengan pemain Persema Malang.

REMBANG, MataAirRadio.net – Dua pemain muda asli Rembang yang sepanjang musim lalu membela PSIR, ternyata diminati dua klub besar yang pada musim depan dipastikan merumput di ISL. Keduanya adalah Zaenal Arifin “Cheng” dan Rudi Santoso.

Juru racik PSIR musim lalu, Haryanto mengungkapkan, Semen Padang FC sempat menyatakan minatnya untuk memakai jasa Zaenal Arifin, sedangkan Rudi Santoso didamba Persepar Palangkaraya.

Menurut Haryanto, minat dua klub terhadap dua pemain andalan Rembang itu disampaikan langsung kepada dirinya. Pelatih Semen Padang kala itu, Jefri Sastra sempat membujuknya di putaran pertama IPL, agar melepas Cheng.

Sedangkan Persepar Palangkaraya beberapa kali mengontaknya untuk mempertanyakan perkembangan kualitas Rudi Santoso yang makin mencolok. Namun, Haryanto mengaku tidak memantau perkembangan terakhir keinginan dua klub itu, begitu playoff kompetisi berakhir.

Sebagai pelatih yang kini tinggal di Rembang dan duduk di Divisi Kepelatihan Pengcab PSSI Rembang, Haryanto berharap kepada pemain itu agar mematangkan diri dulu di PSIR. Bukan karena tidak mau melepaskan, melainkan perlu banyak lagi yang harus mereka asah.

Dia tidak memungkiri, keberadaan Zaenal Arifin “Cheng” dan Rudi Santoso penting bagi PSIR yang pada musim depan akan berlaga di level Divisi Utama. Haryanto menyatakan, jasa mereka masih dibutuhkan. Namun karena keduanya berstatus pemain profesional, maka mereka sudah bisa menentukan pilihan.

Meski demikian, khusus terhadap Zaenal Arifin “Cheng”, pemain kelahiran Mojowarno Kecamatan Kaliori ini, terikat kontrak dengan PSIR selama lima tahun di pembinaan. Dalam hal ini, Pengcab PSSI memiliki hak untuk tidak melepaskan Cheng ke klub lain, mengingat dia masih berusia 19 tahun. Berbeda dengan Rudi Santoso yang sudah 22 tahun, sehingga berkemungkinan dilepas jika PSIR merelakannya.

Ketertarikan sejumlah klub terhadap Zaenal Arifin, terbilang lumrah. Di kompetisi IPL, Cheng beberapa kali mencetak gol, antara lain ke jala Jakarta FC dan Persiraja Banda Aceh di kompetisi reguler dan ke gawang Perseman Manokwari di laga playoff. Sementara Rudi Santoso juga tercatat mampu mengoyak jala Persebaya Surabaya dan Bontang FC di kompetisi reguler IPL, kala itu. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan