Khasiat Rahasia Jeruk Lemon

Friday, 21 November 2014 | 10:18 WIB

 

Ilustrasi jeruk lemon. (Foto:imagestocks.in)

Ilustrasi jeruk lemon. (Foto:imagestocks.in)

 

mataairradio.com – Jika selama ini jeruk lemon kerap dijadikan bahan tambahan untuk makanan dan minuman, ternyata buah satu ini berkhasiat untuk menjaga kecantikan. Perasan air jeruk lemon diketahui dapat menjadikan wajah lebih cantik salah satunya menghilangkan bekas jerawat.

Dikutip laman Everyday Health, berikut khasiat jeruk lemon untuk menjaga kecantikan wajah.

Beresiko Terhadap Iritasi
Rasa asam jeruk lemon dan jeruk nipis sangat beresiko menyebabkan iritasi dan rasa perih, terutama jika terkena luka. Kandungan zat psoralen dapat bereaksi terhadap kulit sensitif dan paparan sinar matahari. Jika hendak menggunakan perasan jeruk lemon sebaiknya hindari paparan sinar matahari setelah 24 jam atau buat lebih encer agar terhindar dari iritasi. Hindari juga penggunaan jeruk lemon pada bagian yang sensitif, kering atau kulit pecah-pecah.

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Campurkan setengah sendok perasan jeruk lemon dengan setengah sendok minyak almond, dua sendok makan oatmeal dan satu butik putih telur. Aplikasikan secara merata di bagian wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Jeruk lemon diketahui dapat menghilangkan flek hitam di bagian wajah, bahkan lebih ampuh dibandingkan cara modern seperti laser.

Menghaluskan Kulit
Campuran perasan satu buah jeruk lemon dengan secangkir gula dapat dijadikan scrub untuk menyegarkan dan melembutkan kulit. Kandungan alpha hydroxy acid alami dan asam sitrat sangat baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Menghilangkan Ketombe
Khasiatnya yang menyerupai cuka sari apel berkhasiat untuk menyeimbangkan pH kulit kepala. Campurkan satu sendok teh jeruk lemon dan secangkir air, kemudian aplikasikan dan pijat-pijat di kulit kepala. Diamkan selama dua menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain menghilangkan ketombe, jeruk lemon juga dapat membuat rambut terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Melembabkan Kaki
Setelah seharian beraktivitas, rendam kaki dengan campuran satu buah lemon, dua buah mentimun, dan dua sendok makan minyak zaitun yang telah dihaluskan dan dihangatkan. Aplikasikan masker ke setiap kaki diamkan selama 10 menit kemudian rendam dan bilas dnegan air bersih. Ekstrak jeruk lemon dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus melembabkan dan menghaluskan kulit.

Menunda Keriput
Kandungan jeruk lemon berkhasiat untuk melawan radikal bebas penyebab garis-garis halus di wajah. Air jeruk lemon juga berkhasiat untuk membersihkan ginjal dan hati serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tambahkan perasa lemen pada jus buah dan sayuran anda setiap harinya, hal ini dapat membantu menunda penuaan dini.

 

Sumber: dream.co.id/Everyday Health
Editor: Arif Bahtiar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan