Gus Yaqut, Menag RI dari Rembang yang Ke-02

Kamis, 24 Desember 2020 | 00:58 WIB

Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) saat memberikan keterangan pers seusai dilantik menjadi Menteri Agama Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020) pagi, di Istana Negara. (Foto: tangkap layar pada video unggahan akun “YouTube” resmi milik Sekretariat Presiden)


REMBANG, mataairradio.com
– Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut sudah secara resmi dilantik sebagai Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu (23/12/2020) pagi, di Istana Negara.

Dia merupakan Menteri Agama dari Kabupaten Rembang yang ke-02, setelah yang pertama yakni M. Maftuh Basyuni, Menag RI pada Kabinet Indonesia Bersatu di era pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, periode 2004-2009.

Berdasarkan data yang dihimpun mataairradio.com, Maftuh Basyuni lahir di Rembang pada tanggal 04 November 1939, dan wafat pada 20 September 2016.

Sedangkan, Gus Yaqut lahir di Rembang pada tanggal 04 Januari 1975, merupakan putra dari Almarhum KH. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

KH. Cholil Bisri adalah kakak kandung KH. A. Mustofa Bisri (Gus Mus), sehingga dengan demikian Gus Yaqut adalah kemenakan dari Gus Mus.

Gus Yaqut merupakan adik dari Yahya Cholil Staquf, Katib Aam PBNU yang juga pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Joko Widodo pada periode sebelum ini.

Dalam keterangan persnya melalui unggahan video akun “you tube” resmi milik Sekretariat Presiden, ia mengatakan, nantinya pihaknya akan membuat bagaimana agama itu sebagai inspirasi bukan aspirasi.

“Sebenarnya banyak yang akan kami kerjakan, tetapi kalau dirangkum menjadi kalimat pendek yaitu bagaimana membuat agama ini sebagai inspirasi bukan aspirasi,” katanya.

Menurutnya, dari kalimat yang singkat tersebut, apabila ditarik lebih dalam lagi maka memiliki makna yang luas.

“Itu (Kalimat, red.) bisa dibreakdown (Diperinci) ke banyak hal. Baik bagaimana berhubungan antar umat beragama, hubungan antar inter umat beragama.

Kemudian bisa juga soal pandemi Covid yang tadi telah bapak ibu sampaikan. Dan kita lihat nanti, pasti ada terobosan-terobosan dari Kementerian Agama yang akan berbeda dari masa-masa sebelumnya,” bebernya.

Gus Yaqut menggantikan Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Maju yang sebelumnya, yakni Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil

Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan