Cegah Kanker dengan Apel!

Thursday, 9 October 2014 | 18:59 WIB
Ilustrasi Buah Apel. (Foto: uniqpost.com)

Ilustrasi Buah Apel. (Foto: uniqpost.com)


mataairradio.com –
Siapapun pasti menyukai bual Apel. Buah ini banyak tumbuh di daerah yang dingin suhu udaranya. Tidak hanya di Asia Barat sebagai asal usul buah ini, hampir di berbagai belahan dunia, buah dengan nama latin ‘Malus Domestica’ menjadi buah favorit yang banyak dikonsumsi.

Buah Apel sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain bisa menurunkan kadar kolesterol, makan Apel setiap hari juga sangat baik untuk kesehatan usus, terutama usus besar. Mengkonsumsi Apel, baik dalam bentuk buah maupun jus, dapat mencegah terjadinya kanker usus yang mulai banyak diderita orang kota, akibat pola makan yang salah dan kurang serat.

Hal tersebut dibuktikan oleh ilmuwan Jerman, Dr. Dieter Schrenk, M.D. dan rekan sejawatnya. Dari percobaan yang mereka lakukan, diketahui bahwa Apel mengandung ‘butyric acid’ yang berguna mencegah kanker usus besar. Meningkatnya ‘butyric acid’ dalam tubuh akan menekan jumlah histone deacetlyases (HDAC), suatu zat yang mempercepat pertumbuhan sel tumor.

Selain itu, ‘butyric acid’ juga berperan penting dalam menyuplai nutrisi ke sel-sel epitel. Sel-sel ini berfungsi mencegah iritasi pada selaput lendir usus besar (mukosa) yang dapat menyebabkan kanker usus.

 

Sumber: femina.co.id
Editor: Raabiatul Bisyriyah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan