12 Ide Makanan Sahur yang Baik untuk Ibu Menyusui

Thursday, 25 June 2015 | 18:56 WIB
Ilustrasi (Foto: urdumania.net)

Ilustrasi (Foto: urdumania.net)

 

mataairradio.com – Ibu menyusui juga boleh menjalankan ibadah puasa. Inilah duabelas ide makan sahur yang akan membantu ibu untuk tetap segar sepanjang hari di bulan Ramadhan sambil tetap menyusui si Kecil.

1. Kurma
Rasullullah pernah bersabda bahwa “Sahurnya orang Mukmin adalah buah kurma.” [HR. Abu Daud]. Dari hadis diatas, kita tahu bahwa kurma adalah makanan terbaik untuk sahur.

2. Buah Segar
Siapkan potongan buah segar atau salad buah di malam hari sebelum tidur agar ibu tidak terburu-buru saat waktu sahur tiba.

3. Green Smoothie atau Jus
Makanan yang berasal dari daun-daunan yang berwarna hijau akan meningkatkan kandungan lemak dalam ASI dan berfungsi sebagai penambah energi.

Moms dapat membuat jus atau smoothie dari bayam, sawi, kangkung, rumput gandum (rumput muda dari tanaman gandum), atau sayuran berdaun hijau lainnya.

Spirulina (ganggang hijau), rumput laut, rumput barley/ jelai, daun alfalfa, dan makanan herba lainnya termasuk ke dalam super food yang baik untuk minuman penambah energi di pagi hari.

4. Telur rebus
Telur merupakan salah satu sumber protein terbesar dan Asam lemak omega-3. Jika merasa telur rebus terlalu hambar, rebuslah telur sebelum berangkat tidur dan olahlah menjadi salad atau gulai telur.

5. Oatmeal
Oat sangat dikenal sebagai makanan penambah ASI. Oats adalah makanan bernutrisi tinggi dan mengandung banyak protein, vitamin, mineral utama serta minor (mineral yang dibutuhkan kurang dari 100mg/ hari).

Siapkan di malam hari dengan mencampur oats dan air dalam sebuah mangkuk. Dinginkan dalam lemari pendingin.

Saat sahur, oatmeal akan lebih kental dan lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin ataupun hangat. Jika suka, Moms dapat menambah buah kering, kacang dan mentega sebagai penambah/ pelengkap nutrisi.

Ingin variasi oats lain? Cobalah buat granola atau campur oat dengan pisang dan kacang untuk membuat Banan-oatmeal-bar.

6. Hummus
Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah dengan bahan dasar Chickpeas (kacang arab), biji wijen dan tahini.
Kacang arab telah dikenal luas sebagai penambah jumlah ASI. Sementara biji wijen dan tahini diketahu mengandung banyak kalsium.

Moms dapat membeli atau membuat sendiri hummus dengan cara memblender ketiga bahan di atas dan tambahkan bawang putih mentah atau panggang sebagai penambah nutrisi.

7. Ubi panggang
Ubi panggang sangat lezat dimakan dalam kondisi hangat ataupun dingin. Untuk menambah cita rasa,cobalah tambahkan taburan gula merah atau mentega.

Panggang ubi di malam hari agar Moms tidak repot saat makan sahur nanti.

8. Sup lentil
Moms dapat menyiapkan semangkuk sup lentil untuk beberapa hari. Tambahkan fennel jika Moms perlu untuk menambah persediaan ASI. Alternatif lainnya gunakan kacang hijau atau kacang fava.

9. Kacang almond
Kacang-kacangan sangat cocok untuk makan sahur. Selain lezat, makanan ini pun tidak perlu diolah saat hendak mengkonsumsinya. Kacang macadamia dan kacang mede adalah jenis kacang yang baik untuk penambah suplai ASI.

10. Pancakes dari gandum utuh (whole wheat)
Lezat dikonsumsi hangat ataupun dingin. Tambahkan flax seeds (Moms bisa mendaptkannya di gerai-gerai super food) sebagai penambah nutrisi terutama asam lemak omega-3

11. Bit Muffins
Sayuran berwarna merah mengandung banyak beta-karotin yang dibutuhkan tubuh selama masa menyusui. Dan sayuran merah sangat baik karena mengandung mineral dan besi.

Cobalah olah bit menjadi muffin. Dan bila Moms kurang menyukai bit, maka wortel bisa menjadi alternatif lsinnya.

12. Air
Betul, air memang tidak termasuk ke dalam makanan. Namun, sangatlah penting menjaga diri agar Moms terhidar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Meskipun begitu, hindari memenuhi perut Momy dengan air saat sahur. Alih-alih, mulailah minum seperti biasa dalam jumlah yang cukup, sejak masuk waktu maghrib hingga menjelang waktu Imsak.

 

Sumber: suckledsunnah.wordpress.com
Editor: Arif Bahtiar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan