Ratih Sanggarwati: Serius Mendidik Anak, Membangun Bangsa

Thursday, 20 April 2017 | 16:28 WIB

Peragawati yang juga seorang penulis, artis, dan pengusaha Ratih Sanggarwati saat berbicara dalam sebuah seminar di Hotel Puri Indah Rembang, Kamis (20/4/2017). Ratih mengatakan, para ibu mestinya mampu mengurangi kegiatan di luar rumah, sehingga bisa secara efektif memperhatikan dan mendidik anak. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Peragawati yang juga seorang penulis, artis, dan pengusaha Ratih Sanggarwati berharap kepada para ibu atau kaum perempuan agar bersungguh-sungguh mendidik anak.

Menurutnya, anak-anak sebagai generasi penerus bangsa perlu mendapat porsi perhatian serius di tengah peran serta perempuan yang tak lagi terbatasi. Perempuan memiliki peran penting untuk membangun bangsa agar menjadi maju dan berkarakter.

Berbicara dalam sebuah seminar di Hotel Puri Indah Rembang, Kamis (20/4/2017), Ratih mengatakan, para ibu mestinya mampu mengurangi kegiatan di luar rumah, sehingga bisa secara efektif memperhatikan dan mendidik anak.

“Tidak bisa disamakan kegiatan di dalam rumah 50 persen, di luar rumah 50 persen. Itu dapat memengaruhi kualitas generasi penerus. Sangat tidak adil kalau kita hanya menikmati gaji suami, namun tidak mampu mendidik anak secara baik,” paparnya.

Ia menyebutkan, mendidik anak bisa dilakukan mulai dari hal-hal yang sering dianggap sepele. Misalnya ketika memanggil seseorang tanpa ada penghargaan, alias hanya disebut namanya saja. Hal yang demikian, cenderung mudah ditiru oleh anak.

“Misalnya saat kita memanggil, katakanlah seorang pembantu. Harus ada mbak atau kak atau apa. Dengan begitu secara tidak langsung kita mengajari anak-anak kita untuk menghormati orang lain,” katanya pungkasnya saat mengisi seminar.

Pada kesempatan itu, model kelahiran Ngawi, Jawa Timur ini juga mewanti-wanti para ibu yang merupakan peserta seminar tersebut agar tidak terlalu memanjakan anak dengan uang. Sebab, yang demikian akan memengaruhi bawah sadar anak, bahwa semua urusan selesai dengan uang.

Seminar bertema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Generasi yang Tangguh dan Berakhlak Mulia” digelar dalam rangkaian Gema Kartini 2017.

Pemkab memanfaatkan ajang ini sebagai momentum mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat mewujudkan gerenasi penerus yang berkualitas.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan