Peneliti Buru Tujuh Situs Perahu Kuno Lasem

Selasa, 4 September 2012 | 14:01 WIB
Alur Sungai Babagan, Lasem. (Foto: secoqc.com)

LASEM, mataairradio.net – Sejumlah peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta dan BP3 Jateng, serta beberapa mahasiswa jurusan arkeologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, melakukan penelitian di Lasem, sejak 2-7 September 2012.

Penelitian difokuskan di sepanjang alur Sungai Babagan antara lain untuk memastikan keberadaan tujuh situs perahu kuno yang menurut keterangan warga setempat masih terpendam di beberapa titik wilayah sungai itu.

Forum Komunikasi Masyarakat (Fokmas) Lasem, digandeng tim untuk terlibat dalam aktivitas penelitian tersebut.

“Selain memastikan keberadaan tujuh situs perahu kuno di sepanjang Sungai Babagan, para peneliti dan mahasiswa itu juga tertarik mengungkap data lebih detail dari satu perahu kuno yang ditemukan pada November 2011 lalu,” terang pegiat dari Fokmas Lasem, Ernantoro, Selasa (4/9).

Sementara ini, kata dia, tim sedang melakukan penyisiran dengan penyelaman di sungai itu. “Sementara belum ada hasil,” katanya. (Pujianto)

———-
mataairradio.net! satuspersen rembang

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan