Pemkab Telaah Pengelolaan Museum Kartini

Rabu, 1 Februari 2012 | 07:41 WIB


KOTA – Pemerintah Kabupaten Rembang mengaku sedang melakukan telaah pengelolaan Musuem Kartini pascarevitalisasi tahap pertama sebelum museum itu dioperasikan sementara pada bulan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang, Noor Effendi, Rabu (1/2) menjelaskan, telaah dilakukan antara lain menyangkut pengelolaan pengunjung dan parkir kendaraan wisatawan Museum Kartini.

“Lalu lintas kunjungan wisatawan sejauh ini belum diatur. Selain itu, areal parkir pengunjung juga belum ditentukan tempatnya. Ini yang antara lain perlu dilakukan telaah,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, telaah juga dilakukan untuk perumusan tugas pokok dan fungsi pengelolaan Museum Kartini secara utuh. Setelah telaah rampung, kami akan memaparkan hasil kajian tersebut di hadapan Bupati untuk diambil keputusan. Telaah segera rampung,” kata dia.

Noor Effendi menyebutkan Museum Kartini dimungkinkan untuk dioperasikan sementara pada Februari ini. “Hanya, pengoperasian sementara tersebut masih harus menunggu hasil telaah itu,” kata dia menegaskan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinbudparpora mengemukakan, pihaknya telah mengusulkan revitalisasi Museum Kartini untuk tahap kedua kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Anggaran yang kami ajukan untuk tahap kedua revitalisasi Museum Kartini mencapai Rp4 miliar, lebih sedikit dibandingkan anggaran revitalisasi tahap pertama yang mencapai Rp4,8 miliar,” kata dia.

Pada tahap kedua revitalisasi nanti, ungkap dia, kegiatan akan diprioritaskan melengkapi aksesori museum. “Museum Kartini masih harus dilengkapi dengan perangkat gamelan, kelengkapan diorama Kartini, wayang, dan perangkat IT. Beberapa item tersebut yang kami usulkan untuk dikerjakan di tahap kedua revitalisasi nanti,” kata dia.

Pihaknya berharap, usulan revitalisasi tersebut segera mendapat persetujuan Gubernur. “Semoga (tahap kedua revitalisasi) bisa terwujud pada tahun ini,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Bibit Waluyo menyebutkan Museum Kartini menjadi salah satu ‘venue’ wisata budaya unggulan di provinsi itu saat peluncuran Visit Jateng 2013. (Puji)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan