Karnaval Batik Lasem Tampilkan 100 Kostum Fantasi

Sabtu, 11 Oktober 2014 | 15:22 WIB
Salah satu kostum fantasi batik lasem yang akan dipertontonkan pada Karnaval Batik Lasem, Minggu (12/10/2014). (Foto:Pujianto)

Salah satu kostum fantasi batik lasem yang akan dipertontonkan pada Karnaval Batik Lasem, Minggu (12/10/2014). (Foto:Pujianto)

 

LASEM, mataairradio.com – Karnaval Batik Lasem yang digelar sebagai penutup Festival Lasem 2014 pada Minggu (12/10/2014) siang, akan menampilkan sekitar 100 kostum fantasi batik lasem.

Kostum ini akan diperagakan oleh siswa-siswi dari SMP Negeri I Lasem, SMK Avicenna Lasem, SMA Negeri I Lasem, dan SMK Umar Fatah Rembang. Tak hanya kostum fantasi, karnaval juga akan melibatkan sekitar 200 siswa-siswi sebagai pengiring.

Koordinator Karnaval Batik Lasem M Sofyanto mengatakan di tahun kedua penyelenggaraan, jumlah peserta naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun 2013, karnaval hanya diikuti oleh sekitar 63 kostum fantasi. Tahun ini, peserta membeludak,” katanya, Sabtu (11/10/2014) siang.

Menurut rencana, Karnaval Batik Lasem akan dimulai pukul 14.00 dengan mengambil start di halaman Masjid Madina Asri Jolotundo. Selanjutnya, peserta akan melintas di sepanjang jalan Eyang Sambu dan finish di Alun Alun Lasem.

“Lintasan karnaval akan mencapai kurang lebih satu kilometer,” katanya.

Selain jumlah peserta yang meningkat, menurutnya, panitia tahun ini akan memberikan panggung undangan bagi Pelaksana Tugas Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Muspida untuk menyaksikan Karnaval Batik Lasem kedua ini.

“Di depan panggung, kami rencanakan sebagai ‘catwalk’ sepanjang 50 meter. Peserta bisa mempertontonkan aksi dengan kostum terbaiknya di sekitar panggung tersebut,” terangnya.

Pihaknya berharap agar melalui Karnaval Batik Lasem, warga akan semakin mencintai batik lasem. “Selain itu, juga akan semakin mengangkat citra batik lasem di dunia batik Indonesia,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan