H+3 Lebaran, Pantai Caruban Mulai Dipadati Pengunjung

Rabu, 22 Agustus 2012 | 09:13 WIB
Pantai Caruban Lasem dengan pasir putihnya menjadi salah satu kawasan wisata yang diminati pengunjung. (Foto: Tarom/suarembang.net)

Lasem, mataairradio.net – Jumlah pengunjung objek wisata Pantai Caruban Lasem, meningkat pesat selama libur Lebaran jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Salah seorang warga dukuh setempat, Nanik, Rabu (22/8), mengatakan, objek wisata yang terletak di Dukuh Caruban, Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem tersebut menjadi tempat favorit baru bagi para pemudik untuk berwisata bersama keluarga setelah tradisi berlebaran di kampung halaman.

“Jumlah pengunjungnya meningkat tajam. Hingga H+3 setelah Lebaran, tercatat rata rata sedikitnya 300 sepeda motor yang datang. Belum lagi mereka yang datang dengan mengendarai mobil dan menyewa dokar,” terang Nanik.

Jumlah ini naik signifikan jika dibandingkan dengan kunjungan pada hari biasa selain hari Ahad yang hanya mencapai puluhan sepeda motor saja per hari.

Hal sama juga dikatakan Kepala Dusun Caruban, Agus Hadi Purwanto. Menurutnya, jumlah pengunjung saat ini belum mencapai puncaknya lantaran banyak para pemudik yang masih melakukan tradisi lebaran dengan bersilaturahmi ke rumah sanak famili.

“Biasanya puncak kunjungan terjadi pada H+7 bersamaan dengan perayaan Kupatan di Kabupaten Rembang. Saat Kupatan, pengunjung bisa mencapai ribuan orang,” katanya.

Ia menambahkan, meski terjadi kenaikan jumlah pengunjung, namun pihak desa sebagai pengelola kawasan wisata Pantai Caruban, tidak menaikkan tarif retribusi.

“Selama ini pihak karang taruna desa sebagai pengelola tidak memungut tarif masuk ke lokasi wisata. Hanya saja bagi pengunjung yang datang dengan mengendarai sepeda motor, mereka dikenakan jasa parkir sebesar Rp2000. Sedangkan kendaraan roda empat Rp5000. Karenanya, meski pengunjung ramai bertepatan libur Lebaran, jasa parkir tidak dinaikkan,” tambahnya.

Menurut Agus, dana yang terkumpul selanjutnya diprgunakan untuk membiayai kegiatan kepemudaan, pembangunan desa serta kegiatan kemasyarakatan yang lain,” tegasnya.

Salah seorang pengunjung asal Desa Mangun Legi, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Priyono, mengaku baru pertama kali mengajak keluarganya berlibur ke Pantai Caruban.

“Kami baru tahu di Lasem ada pantai yang indah dari media. Karena penasaran, mumpung masih mudik, kami sekeluarga sengaja datang ke Pantai Caruban untuk melihatnya. Ternyata, pesona pasir putih di sini sangat indah. Sayangnya, fasilitas penunjang masih belum ada. Tapi yang pasti, kami sangat puas,” ungkap Priyono. (Tarom)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan