Gubernur Jateng Diganjar Noken Mama-mama Papua

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung di pameran anggrek di Pantai Holtekam, pada Sabtu (2/10/2021). Saat berkunjung ke stand-stand anggrek asli Papua, Ganjar disambut antusias dan langsung dikalungi Noken. (Foto: mataairradio.com)

 

 

PAPUA, mataairradio.com – Selama berada di Papua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disambut baik oleh berbagai kalangan masyarakat. Mereka saling berebut untuk memberikan hadiah dan berfoto bersama.

Salah satu hadiah yang paling banyak didapat Ganjar adalah Noken, yaitu tas tradisional asal Papua.

Ganjaran itu diberikan kepada Ganjar saat berkunjung di pameran anggrek di Pantai Holtekam, pada Sabtu (2/10/2021). Saat berkunjung ke stand-stand anggrek asli Papua, Ganjar disambut antusias dan langsung dikalungi Noken.

Tak hanya satu orang, ada banyak masyarakat dari berbagai daerah di Papua yang mengikuti pameran itu memberikan Noken pada Ganjar. Tak heran, leher Ganjar dipenuhi gantungan Noken berbagai jenis, mulai ukuran kecil sampai ukuran besar.

“Ini saya nggak borong, setiap datang dikasih Noken. Setiap ketemu dikasih Noken. Ini sampai berat sekali,” kata Ganjar sambil tersenyum.

Ganjar mengatakan sangat kagum dengan karya masyarakat Papua. Dari semua Noken yang didapatnya, jenis dan warnanya berbeda-beda.

“Ternyata karya masyarakat ini bagus-bagus ya, ada ciri beda-beda. Ini yang dari gunung seperti ini, yang dari pantai seperti ini, ada kerang-kerangnya. Bagus, mereka ternyata punya kekhasan masing-masing,” ucapnya.

Salah satu warga Papua mengatakan ke Ganjar, kalau Noken memang ada banyak jenis dan bentuknya. Semuanya menyesuaikan daerah pembuatan tas tradisional itu.

“Ini dari Nabire pak, yang ini dari Wamena. Ini dari Yahukimo. Memang beda-beda bapak,” jelas salah satu warga.

Ganjar pun mengucapkan terimakasih atas pemberian Noken itu. Menurutnya, Noken adalah karya yang sangat bagus dan memiliki banyak makna.

“Nokennya bagus-bagus, dan ini adalah khasnya Papua yang bisa diberikan pada pengunjung yang datang,” pungkas Ganjar.

 

Penuli: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan