Utamakan Keselamatan, Pantai Karangjahe dan Balongan Ditutup Sementara

Rabu, 18 Maret 2020 | 12:56 WIB

Pengumuman penutupan Pantai Balongan untuk mewaspadai penyebaran virus corona. (Foto: Pengelola Pantai Balongan)

 

REMBANG, mataairradio.com – Keluarnya berbagai imbauan baik dari Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Daerah untuk waspada terhadap potensi penyebaran virus corona berimbas pada sektor pariwisata.

Diantaranya adalah objek wisata Pantai Karangjahe yang berada di jalur Pantura dan masuk Desa Punjulharjo ini sementara ditutup mulai Rabu (18/3/2020) hingga batas waktu yang belum diketahui.

Ahmad Hasan salah satu pengelola Pantai Karangjahe menyatakan bahwa kebijakan tersebut untuk menghindari adanya penyebaran virus corona yang beberapa waktu terakhir menjadi perhatian. Apalagi destinasi wisata unggulan Rembang ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar daerah bahkan luar negeri sehingga kebijakan penutupan seentara dianggap hal yang paling tepat.

Mengenai dampak ekonomi penutupan sementara Pantai Karangjahe pasti terasa khususnya oleh warga yang tiap hari mengais rejeki dari berjualan makanan atau minuman di lokasi wisata. Namun pihak pengelola lebih mementingkan keselamatan warga daripada keuntungan berupa nominal uang.

“Kalau perputaran ekonomi pasti berpengaruh Mas, tapi kita lebih mementingkan keselamatan. Lha wong uang bisa dicari tapi kesehatan kan perlu dijaga,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan jika sudah ada pemberitahuan dari pemerintah bahwa kondisi kembali normal, pihak pengelola Pantai Karangjahe pasti akan segera membuka kembali destinasi wisata tersebut.

Kejadian yang sama juga berlaku di Pantai Balongan Kragan yang sementara ini ditutup untuk mencegah tersebarnya virus corona.

Ali Nasikhin Pengelola sekaligus perangkat desa setempat menyatakan bahwa kebijakan penutupan sementara Pantai Balongan kurang lebih sekitar dua minggu untuk mengikuti intruksi dari Pemerintah Daerah.

Pihaknya juga sudah mengumpulkan 70-an warga yang setiap harinya berjualan di sekitar pantai. Namun jika kebijakan penutupan lebih dari dua minggu pihak pengelola merasa khawatir terhadap perekonomian warga yang mengais rejeki di Pantai Balongan. Apalagi menjelang bulan puasa dan anak-anak masuk sekolah.

“Ya tadi malam sudah kita kumpulkan Mas, sekitar 70-an penjual. Intinya mereka sepakat dengan penutupan sementara tapi ya jangan lama-lama. Kasihan karena perekonomian keluarga jadi terganggu,” pungkasnya.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan