Ratusan Pemuda Rembang Serbu “Job Fair” Plan Indonesia

Rabu, 29 Mei 2013 | 15:51 WIB
Ratusan Pemuda Rembang Serbu "Job Fair" Plan Indonesia. (Foto:Afta)

Ratusan Pemuda Rembang Serbu “Job Fair” Plan Indonesia. (Foto:Afta)

REMBANG, MataAirRadio.net – 348 pemuda-pemudi dari berbagai daerah di kabupaten Rembang mengikuti “job fair” atau bursa kerja yang digelar Plan Indonesia di Balai Kartini Rembang, Rabu (29/5) siang. Bursa kerja diikuti oleh 28 perusahaan baik dari Kabupaten Rembang maupun dari luar kabupaten.

Pihak Plan Indonesia bertekad mencetak 1.500 tenaga kerja handal dan 200 wirausaha muda di Rembang melalui program pemberdayaan kaum muda di bidang ekonomi. Program ini berlaku sejak Juni 2012 hingga Juni 2015.

Direktur Program Plan Indonesia Nono Sumarsono mengatakan, progam pemberdayaan kaum muda di bidang ekonomi hanya ada di Indonesia dan El Savador. Indonesia menjadi prakarsa program yang dikerjasamakan dengan Bank Dunia ini.

Secara khusus Nono menyebutkan, sepertiga penduduk dunia ini adalah kaum muda, sehingga mereka perlu diberdayakan demi masa depan dunia yang lebih baik.

Melalui program pemberdayaan tersebut, setiap kaum muda diharapkan memiliki kesempatan untuk mandiri di bidang ekonomi dengan pendapatan tetap sehingga mampu memberdayakan dirinya sendiri.

Nono menyebutkan ada dua jalur yang akan ditawarkan pada program yang disebut YEE (youth economic empowerment). Dua jalur itu adalah penempatan kerja atau penciptaan lapangan kerja sendiri melalui wirausaha.

Fokus program tersebut menurutnya adalah wanita dan remaja dari kalangan kurang beruntung yang memerlukan pekerjaan dan memiliki tekad serta semangat untuk berkarier.

Bupati Rembang Mochamad Salim yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi peluncuran progam besutan Plan Indonesia. Pihaknya berterima kasih kepada Plan Indonesia yang terus mendampingi pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Rembang.

Secara khusus, Salim menginstruksikan dinas terkait untuk meniru progam Plan Indonesia tersebut. Jika Plan Indonesia membidik pemuda berusia 18-24 tahun, namun Pemkab Rembang berencana membidik kalangan berusia 24-35 tahun. (Afta Ahmad)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan