Durasi Rembang Expo Belum Akan Dievaluasi

Minggu, 30 Juni 2013 | 17:34 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Durasi pelaksanaan Rembang Expo 2013 yang selama delapan hari belum akan dievaluasi atau ditambah. Pihak penyelenggara mengklaim, durasi Rembang Expo yang mulai dibuka Sabtu malam 29 Juni 2013 dan akan ditutup pada 6 Juli nanti, sudah terbilang lama dibandingkan pameran lainnya di lingkup Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang Muntoha menilai, durasi Rembang Expo yang delapan hari sudah cukup ideal bahkan panjang. Sejumlah pameran besar di Jakarta dan Yogyakarta kini rata-rata berdurasi lima hari.

Belakangan menurutnya, pameran di Semarang pun yang semula sebulan penuh, kini dikurangi menjadi hanya sepekan. Dirinya berharap Rembang Expo kali ini semakin terus bisa dinikmati masyarakat secara umum, khususnya usaha mikro kecil dan menengah.

Sejak pencanangan Rembang Expo pada 2006, sejumlah potensi dari UMKM kini telah berhasil diubah menjadi kegiataan nyata berupa adanya transaksi.

Menurut Muntoha, jika potensi UMKM semakin banyak direalisasikan menjadi kegiatan, maka muaranya diharapkan akan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Di umur perhelatan Rembang Expo yang kedelapan, pihak penyelenggara dari dinasnya mengklaim, makin banyak UMKM yang menaruh harapan tinggi. Buktinya, semakin tahun jumlah peserta pameran terus bertambah, dari hanya 69 stan pada 2006 menjadi 240 stan pada tahun ini.

Rembang Expo 2013 diikuti oleh 117 UMKM lokal Kabupaten Rembang dan sisanya dari luar daerah. Produk yang dijajakan di pameran kali ini cukup beragam sebagaimana expo pada tahun sebelumnya, seperti batik, bordir, koveksi dan garmen, serta produk makanan dan minuman.

Pihak penyelenggara akan memantau jumlah pengunjung Rembang Expo setiap harinya untuk dilaporkan kepada khalayak pada akhir penyelenggaraan pameran. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan