Rembang Digelontor Satu Miliar Selamatkan Sapi Betina

Rabu, 15 Februari 2012 | 09:32 WIB


REMBANG – Kabupaten Rembang digelontor bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar satu miliar rupiah untuk kegiatan penyelamatan sapi betina produktif di daerah itu demi memenuhi target swasembada daging sapi di tahun 2014, kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan setempat, Suratmin.

“Bantuan sebesar itu diberikan kepada kelompok peternak untuk membeli sapi betina di pasar hewan atau rumah pemotongan hewan (RPH) dan kemudian direkondisi untuk disiapkan menjadi betina produktif lagi,” kata dia, Rabu (15/2).

Suratmin yang didampingi Kepala Bidang Perternakan pada Distanhut Kabupaten Rembang, Derevneti Nursiswanti, menyebutkan ada dua kelompok di daerah itu yang saat ini mendapat gelontoran bantuan untuk penyelamatan betina produktif.

Kelompok tani ternak penerima bantuan untuk kegiatan penyelamatan sapi betina produktif itu adalah KTT Tani Makmur Desa Kedungrejo, Kecamatan Kota Rembang, dan Kelompok Peternak Mukti Karya Desa Cabean, Kecamatan Bulu. “Kedua kelompok tersebut mendapatkan bantuan masing-masing Rp500 juta,” kata dia.

Menurut dia, dengan bantuan yang sudah digelontorkan pada 2011 tersebut, diharapkan akan semakin banyak sapi betina produktif yang bisa selamatkan sehingga target swasembada daging sapi di tahun 2014 dapat dipenuhi dan dapat mengurangi beban impor daging sapi.

“Penyelamatan sapi betina produktif juga kami lakukan dengan cara membantu sistem kawin suntik serta pemberian insentif untuk setiap seekor sapi bunting milik petani,” kata dia.

Pihaknya juga terus mendorong agar rumah pemotongan hewan tidak nekat memotong sapi betina produktif. “Kami siapkan tim untuk memantau penyelamatan sapi betina produktif ini di lima RPH swasta di kabupaten ini,” kata dia.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik setempat, dari pendataan sapi potong perah dan kerbau (PSPPK) pada Juli 2011, populasi ternak sapi mencapai 148.068 ekor tersebut, dan termasuk dalam lima besar populasi sapi di Jawa Tengah. Namun, Distanhut Kabupaten Rembang mencatat populasi sapi mencapai 152.680 ekor. Populasi ternak sapi terbanyak ada di Kecamatan Sumber dengan 14.971 ekor dan dipelihara oleh 6.902 orang peternak. (Puji)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan