Reklamasi Pantai Tasikagung Diusulkan Tambah 1,2 Hektare

Minggu, 7 Oktober 2012 | 03:04 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang, Suparman. (Foto: Pujianto)

REMBANG, mataairradio.net – Pelabuhan Pendaratan Pantai (PPP) Tasikagung terus dikembangkan. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan penambahan reklamasi seluas 1,2 hektare ke arah utara.

“Panjang pantai yang sudah direklamasi untuk keperluan PPP Tasikagung sudah sejauh 600 meter dan lebar 60 meter. Tahun ini, kami usulkan menjadi sepanjang 800 meter atau tambah 200 meter dengan lebar yang sama,” terang Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang, Suparman, Ahad (7/10).

Menurut Suparman, reklamasi lanjutan yang diusulkan bisa dikerjakan pada 2013 itu, diperkirakan bakal menelan anggaran Rp6,5 miliar.

“Namun, saat ini, anggaran belum tertata dengan baik. Kami belum tahu besaran dana alokasi khusus dari Pusat yang bakal diterimakan untuk Rembang (Dinas Kelautan dan Perikanan, red.). Namun, kami akan usulkan anggaran Rp6,5 miliar untuk reklamasi lanjutan itu,” ujar dia.

Sebelum usulan reklamasi lanjutan kali ini, reklamasi tahap pertama sudah dilakukan pada 2011 lalu. Saat itu, baik proyek reklamasi maupun ‘revetment’ menelan anggaran hingga Rp8,9 miliar, terdiri dari anggaran untuk reklamasi sebesar Rp4 miliar dan anggaran ‘revetment’ sebesar Rp4,9 miliar.

Saat itu, proyek reklamasi dibiayai dengan dana alokasi khusus dari Pemerintah Pusat, sedangkan ‘revetment’ dibiayai dengan bantuan dari Pemprov Jateng.

“Ketika nanti reklamasi sudah mencapai 800 meter, kami akan segera gunakan ‘space’ baru itu untuk mengembangkan PPP Tasikagung lebih komplet,” pungkasnya. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan