Raman TPI Tasikagung Sudah Rp72 Miliar

Minggu, 22 Juli 2012 | 05:40 WIB

Pelelangan ikan di TPI Tasikagung, Jumat (20/7). (Foto: Puji

KOTA – Omzet pelelangan ikan atau raman di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung, Kecamatan Kota Rembang, tercatat sudah mencapai Rp72 miliar per Januari hingga 20 Juli 2012.

Kepala TPI Tasikagung, Tukimin kepada suararembang, Ahad (22/7), mengemukakan, melesatnya omzet pelelangan ikan di TPI tersebut lantaran jumlah kapal nelayan yang melelangkan ikan hasil tangkapannya cenderung bertambah dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini, paling sedikit ada 17 kapal yang berlabuh di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung per harinya. Jika ramai, bahkan mencapai puluhan. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Tukimin tanpa menyebut jumlah rata-rata kapal yang berlabuh di PPP setempat pada tahun lalu.

Ia juga menyebutkan, pada tahun ini, raman TPI terbesar di Rembang itu ditarget bisa menembus Rp82 miliar. “Kami optimistis angka itu bisa tercapai. Sebab, tahun lalu saja, kami bisa tembus Rp100 miliar dalam satu tahun,” terangnya.

Apalagi, saat ini, Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung terus mengalami pembenahan. “Saat ini, kawasan PPP Tasikagung bisa menampung lebih dari 100 kapal setiap harinya,” ujarnya.

Pihaknya berupaya agar para bakul Di TPI tersebut bisa membangun hubungan baik dengan nelayan kaitannya dengan pembayaran ikan yang dilelang.

“Kami akan dorong para bakul agar langsung membayar hasil lelang kepada nelayan. Bakul yang kerap menunggak bayar kepada nelayan terancam kami larang untuk mengikuti lelang,” tegasnya. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan