Produksi Garam Rakyat Rembang Diprediksi Tembus 150.000 Ton

Kamis, 4 Oktober 2012 | 09:54 WIB
Petani garam di Desa Purworejo, Kecamatan Kaliori. (Foto: Pujianto)

REMBANG, mataairradio.net – Produksi garam rakyat di Kabupaten Rembang pada musim 2012 diperkirakan melampaui produksi tahun lalu yang hanya 125.623,5 ton.

“Jika musim produksi bisa sampai November 2012, maka kami memperkirakan produksi garam rakyat bisa mencapai 150.000 ton,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rembang, Suparman, Kamis (4/10).

Ia menyebutkan, prediksi jumlah produksi garam rakyat sebanyak itu didasarkan pada kondisi cuaca yang cenderung berpihak kepada petani.

“Saat ini, petani garam di Kabupaten Rembang masih produksi, meski ada kendala pasokan air baku ke saluran-saluran tambak,” terang dia.

Suparman juga menyebutkan, harga garam grosok di tingkat petani pada puncak musim produksi garam tahun 2012 masih cenderung rendah.

Harga garam kualitas dua di tingkat petani masih belum beranjak di kisaran Rp330 per kilogram, sedangkan untuk kualitas pertama masih sekitar Rp500 per kilogram.

“Barangkali, ketika hujan mulai turun nanti, harga garam bakal mengalami kenaikan. Biasanya memang ada kenaikan, meski tidak signifikan,” tandasnya.

Ditambahkan, lantaran menunggu harga garam sampai cenderung tinggi, petani memilih menyimpan hasil produksinya. “Gudang-gudang milik para petani garam kini sudah mulai penuh,” pungkasnya. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan