Generasi Muda Diajak Tak Ragu Bekerja di Sektor Pertanian

Kamis, 2 November 2017 | 10:44 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menerima audiensi pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jateng, Senin (30/10/2017). (Foto: Pujianto)

 

SEMARANG, mataairradio.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak para generasi muda agar tidak ragu untuk bekerja di sektor pertanian antara lain dianggap tidak menguntungkan.

Mata pencaharian sebagai petani, menurutnya, seringkali dianggap sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat, terutama generasi muda.

“Kita (Jawa Tengah) menjadi salah satu tumpuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok di seluruh penjuru Tanah Air,” ujarnya Ganjar saat menerima audiensi pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jateng, Senin (30/10/2017).

Ia juga mengajak para petani menjadi wirausahawan di bidang pertanian sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Para petani bisa menjadi ‘entrepreneur’ di bidang pertanian. Cara menjualnya tidak hanya gabah tapi sudah berupa beras, diajari ‘packaging’. Itu salah satu bentuk modernisasi,” katanya.

Ia menyebutkan, modernisasi di bidang pertanian merupakan salah satu mimpi dirinya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kalau kita bisa memodernisasi dengan mekanisasi, maka tenaga kerja kita akan lebih efisien dalam mengerjakan itu, baik terkait dengan waktu waktu maupun jumlah pekerjanya,” ujarnya.

Bentuk modernisasi pertanian yang telah dilakukan jajaran Pemprov Jateng adalah pemberian bantuan traktor, alat penanam bibit padi (transplanter), dan alat pemanen (harvester) bagi petani yang tergabung dalam kelompok petani.

“Dengan modernisasi pertanian diharapkan banyak generasi muda yang mau berprofesi sebagai petani sehingga sektor pertanian di Jawa Tengah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” papar Gubernur.

Selain mendorong modernisasi di bidan pertanian, Pemprov Jateng juga mendorong agar gabungan kelompok tani bisa mengakses sistem informasi dan aplikasi-aplikasi yang telah ada.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan