Gamis Batik Tulis Lasem Pun Oke

Sabtu, 28 Juli 2012 | 01:36 WIB
Gamis batik tulis lasem di gerai Gunung Bugel Art. (Foto: Puji)

LASEM – Perajin batik tulis lasem berinovasi membuat pakaian jadi berbahan baku kain batik berbentuk gamis memanfaatkan momen Ramadhan 1433 Hijriyah.

Ahmad Rifai, pemilik usaha batik tulis merek Gunung Bugel Art, Kamis (26/7), mengatakan, respon pasar atas gamis itu cukup mengejutkan.

Menurut dia, konsumennya langsung tertarik saat ia membuat beberapa model gamis batik. “Memanfaatakn momen Ramadan dan Lebaran, kami memproduksi lebih banyak gamis batik, selain juga menjual batik tulis dalam bentuk lembaran kain,” katanya.

Rifai yang juga Ketua Klaster Batik Tulis Lasem menambahkan, ide membuat gamis batik lasem awalnya hanya untuk mengenalkan jika bahan kain batik lasem yang bercorak klasik tetap menarik saat dibuat pakaian jadi.

Dari sejumlah pameran yang diikutinya, banyak pengunjung mengatakan batik tulis lasem lebih mirip taplak meja atau jarit untuk orang tua. Mereka beranggapan jika batik tulis lasem hanya cocok untuk kalangan orang tua.

“Setelah kami padu padankan dengan kain polosan dengan warna senada, hasilnya cukup memuaskan. Banyak yang suka gamis batik tulis lasem ini,” terangnya.

Disebutkan, gamis batik lasem di jual seharga Rp150.000 per potong hingga Rp500.000 per potong, tergantung kualitas bahan baku yang digunakan.

Rifai yang membuka gerai batik di ruas jalan Japerejo-Lasem itu menambahkan, kebanyakan pengunjung dari luar kota menggemari gamis buatannya.

“Dari pada beli kain, mereka lebih suka membeli pakaian jadi berupa gamis. Jadi bisa langsung dikenakan saat Lebaran nanti. Kami masih terus mencari model terbaru untuk dibuat gamis,” jelasnya.

Rifai menambahkan, secara umum omzet batik tulis lasem meningkat hingga 20 persen selama Ramadan ini. Saat ini perhari pihaknya rata-rata mampu memproduksi sebanyak 1.500 potong kain batik.

“Selain gamis, kami juga membuat baju untuk pria. Namun model baju untuk pria tak banyak mengalami perkembangan,” katanya. (Puji)




One comment
  1. Distributor Gamis Murah

    Mei 19, 2015 at 1:41 pm

    Gamisnya cantik ya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan