Waspada, Longsor Mulai Mengancam Wilayah Sedan

Senin, 7 Desember 2015 | 17:43 WIB
Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Rembang Pramujo saat melakukan pendataan terhadap dampak longsor yang menimpa bangunan rumah milik Jalil, warga Desa Kumbo Kecamatan Sedan, Senin (7/12/2015). (Foto: Pujianto)

Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Rembang Pramujo saat melakukan pendataan terhadap dampak longsor yang menimpa bangunan rumah milik Jalil, warga Desa Kumbo Kecamatan Sedan, Senin (7/12/2015). (Foto: mataairradio.com)

 

SEDAN, mataairradio.com – Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang mendatangi lokasi longsor yang mengakibatkan rusaknya satu rumah warga Desa Kumbo Kecamatan Sedan.

Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Rembang Pramujo mengatakan, selain mengecek lokasi, tim melakukan pendataan kerusakan rumah akibat tanah longsor.

“Data itu selanjutnya akan kami laporkan kepada atasan (Kepala BPBD, red.) untuk dikaji guna pemprosesan bantuan kepada korban,” terangnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya sudah memberikan bantuan sembako kepada keluarga Jalil, korban yang rumahnya rusak akibat longsor, Minggu (7/12/2015) sore kemarin.

“Bagian rumah yang rusak adalah papan kayu sepanjang sekitar 10 meter, sedangkan isi rumah yang rusak adalah satu meja tamu dan 2 dipan tempat tidur,” sebutnya.

Tim yang beranggotakan 3 orang dari BPBD Rembang memastikan, tanah yang longsor sepanjang sekitar 10 meter dan setinggi sekitar 2,5 meter itu adalah milik Siran, warga setempat.

“Tim juga mendapati adanya rekahan lain di sekitar tanah yang longsor,” katanya.

Warga, menurut Pramujo berharap kepada Pemerintah agar segera melakukan penanganan pasca-longsor.

Saat mengunjungi lokasi longsor pada Senin (7/12/2015) pagi, tim dari BPBD menyebut, lokasi tanah Siran masih rawan longsor lagi, sehingga warga sekitar diminta waspada.

Saat ini, keluarga Jalil belum dievakuasi ke tempat lain yang lebih aman.

Namun Pramujo berpesan kepada warga Kumbo agar cepat memberi kabar ke BPBD, jika longsor susulan terjadi. Ia menegaskan, pihaknya telah siap-sedia terjun ke lokasi, jika dibutuhkan.

“Saat ini, kami minta agar warga selalu waspada longsor susulan,” tegasnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Rembang Suharso menambahkan, longsor mulai mengancam wilayah Kecamatan Sedan.

“Warga di Desa Lemah Putih dan Pacing serta Dadapan kami harapkan agar mewaspadai bencana tanah longsor karena mereka tinggal di daerah perbukitan,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan