Warga Jelajah Kampung Pawai Tahun Baru Hijriyah

Rabu, 14 Oktober 2015 | 17:51 WIB
Pawai peringatan Tahun Baru Hijriyah di Kecamatan Sulang, Rabu (14/10/2015) pagi. (Foto: Akhmad Muhtarom)

Pawai peringatan Tahun Baru Hijriyah di Kecamatan Sulang, Rabu (14/10/2015) pagi. (Foto: Akhmad Muhtarom)

 
BULU, mataairradio.com – Ribuan warga dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Bulu, Rabu (14/10/2015) pagi, tumpah ruah di jalanan untuk menggelar pawai akbar guna memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1437 Hijriyah.

Pawai dilakukan dengan menjelajahi kampung. Muhammad Zaenal Abidin, ketua panitia kegiatan itu menjelaskan, pawai dilakukan dengan berjalan kaki sepanjang 3 kilometer melewati 4 desa, yaitu Cabean, Lambangan Kulon, Sumbermulyo, dan Lambangan Wetan.

“Start dan finish di Lapangan Desa Lambangan Kulon. Mulai pawai pukul 07.00 WIB. Ini (pukul 11.00 WIB) masih pengundian doorprize,” kata dia.

Menurut Abidin, pawai itu merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan oleh Majelis Waklil Cabang  Nahdlatul Ulama Bulu dan Yayasan Pendidikan Islam Ar-rahman.

“Pawai dengan jelajah kampung ini sekaligus untuk menguatkan silaturahmi antarwarga di desa-desa tersebut. Rute itu karena ada beberapa titik yang bisa dijadikan transit,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, penyelenggaraan pawai peringatan Tahun Baru Hijriyah kali ini, berbeda dari yang sebelumnya.

“Jika sebelumnya, belum semua unsur lembaga resmi di wilayah Kecamatan Bulu ikut serta, sekarang yang berpartisipasi relatif lebih lengkap,” ungkapnya.

Camat Bulu yang diwakili Sekcam Taswadi tampak hadir. Dari sisi pengurus MWC Nahdlatul Ulama Bulu, menurutnya, lebih kompak hadir dan berpartisipasi, dibandingkan tahun lalu.

“Bahkan kali ini, Ketua PCNU Rembang Kyai Sunarto, rawuh,” bebernya.

Badan otonom NU seperti Ansor, juga ikut serta. Tampak Ketua Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Rembang Hanis Cholil di antara yang hadir.

“Untuk menjaga tali persaudaraan, MWC tidak sedikit pun melibatkan topik politik, meski jelang Pilkada,” tambahnya.

Sementara itu, peringatan Tahun Baru Hijriyah yang diisi dengan pawai akbar, tak hanya digelar di wilayah Kecamatan Bulu. Di Sulang, kegiatan serupa juga digelar dengan tak kalah meriah.

“Selain pawai, ada santunan kepada anak yatim dan perlombaan rakyat,” terang Akhmad Muhtarom, panitia acara Tahun Baru Hijriyah di Sulang.

Sehari sebelumnya atau pada Selasa (13/10/2015) kemarin, ratusan siswa di Kota Rembang juga menggelar peringatan menyongsong Tahun Baru Hijriyah dengan pawai delman keliling kota.

 
Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan