Warga Desa Sumber Desak Penaikan Status Sucipto menjadi Tersangka

Jumat, 16 November 2018 | 19:52 WIB

Ilustrasi (Foto: mataairradio.com)

 

 

SUMBER, mataairradio.com – Warga Desa Sumber Kecamatan Sumber mendesak pihak kepolisian untuk segera menaikkan status tersangka Sucipto, mantan Kepala Desa Sumber yang terbukti memalsukan tandatangan Camat Sumber untuk mencairkan dana sebesar Rp320 juta.

Pasalnya, kasus pemalsuan tandatangan dan stempel tersebut seolah berjalan ditempat atau mandek.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumber Gunanto mangaku sampai Jumat (16/11/2018) siang belum ada tembusan apapun baik dari kepolisian maupun dari instansi terkait.

Padahal kasus ini sudah berjalan hampir satu tahun, dan Desa Sumber sampai saat ini belum memiliki kepala desa yang definitif.

Sehingga keputusan-keputusan strategis terkait desa terhambat, karena pelaksana tugas (plt) hanya melaksanakan tugas-tugas administratif saja.

Dirinya dan juga warga mendesak agar status yang bersangkutan segera dinaikkan menjadi tersangka agar kasus tersebut bisa cepat selesai, karena ini menyangkut rakyat Desa Sumber.

“Harapannya cepat ditingkatkan statusnya dan diselesaikan mas,” tegasnya

Seentara itu, Kepala Unit III Satreskrim Polres Rembang Ipda Arif Kristiawan menyatakan pihaknya masih dalam proses penyelidikan dan sudah memanggil ahli dan hasilnya sudah keluar.

Namun ia berdalih bahwa peningkatan status untuk kasus ini menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari inspektorat.

Arif juga sering menanyakan hasil tersebut ke pihak Inspektorat namun sampai saat ini belum ada hasilnya apalagi menjelang akhir tahun dan banyak kegiatan di Inspektorat.

Dirinya menolak bahwa kasus ini dianggap mandek, karena progresnya jelas dan kendalanya bukan ada di instansi kepolisian.

“Kita di kepolisian repot Mas kalau berurusan dengan instansi samping,” keluhnya.

Pihak kepolisian sendiri terus memantau keberadaan Kades Sumber non-aktif Sucipto dan sampai saat ini yang bersangkutan tidak terlihat di rumah.

Arif berjanji jika perhitungan kerugian negara sudah keluar maka secepatnya akan meningkatkan proses dari penyelidikan menjadi penyidikan dan akan segera menetapkan tersangka.

 

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan