Usaha Kecil Peminat Rembang Expo 2016 Membeludak

Rabu, 4 Mei 2016 | 16:02 WIB
Rembang Expo.

Pamflet Rembang Expo 2016. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Usaha kecil peminat Rembang Expo tahun 2016 membeludak dan melebihi kuota yang disediakan oleh pemerintah kabupaten setempat, sehingga perlu verifikasi ketat.

Pemkab Rembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM setempat hanya menyediakan 150 stan gratis bagi pelaku usaha kecil, tetapi jumlah peminat sampai penutupan masa pendaftaran, Rabu (4/5/2016), mencapai 218 orang.

“Dari 218 pelaku usaha kecil yang daftar hingga penutupan pendaftaran pukul 13.00 WIB, kita akan ambil 150 sesuai DPA kita,” terang Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang Sugiyanto.

Untuk menentukan 150 pelaku usaha kecil yang akan mendapat fasilitasi stan gratis pada Rembang Expo 2016, menurutnya, akan dilakukan proses verifikasi.

“Yang akan kita ambil adalah yang sudah punya embrio usaha. Artinya tidak kulakan. Usaha mikro kita prioritaskan. Lalu, usahanya adalah binaan dinas perindagkop, sudah pernah ikut diklat yang digelar dinas perindagkop, kreatif, dan inovatif,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, usaha kecil yang mendaftar sebagai peserta Rembang Expo tahun ini antara lain kerajinan batik, bordir, serta kerajinan tangan lain termasuk produk aksesori dan usaha makanan-minuman.

“Kalau asal mereka ini, merata. Ada antara lain dari Sarang, Sale, Kragan, Sumber, Kaliori. Merata lah. Usahanya juga bervariasi,” ujar Sugiyanto.

Selain usaha kecil yang mendaftar sebagai peserta pameran dengan fasilitasi stan gratis dari Pemkab Rembang, peminat Rembang Expo dari sektor non-fasilitasi, juga mentok.

“Kalau dari umum, dari 95 stan yang tersedia, sudah penuh. Produknya ada pakaian, elektronik, mobil, motor, aksesori, perbankan, dan koperasi,” imbuhnya.

Mereka yang peserta pameran dari kalangan umum berasal dari berbagai daerah seperti Semarang, Surakarta, Bandung, Jakarta, dan Jombang-Jawa Timur.

“Khusus peserta pameran yang difasilitasi stan gratis, nanti tanggal 16 Mei, akan kita undang untuk semacam technical meeting. Kita akan bekali mereka dengan teknis display produk, pramuniaga penunggu stan, dan lainnya,” tegasnya.

Rembang Expo 2016 akan digelar di Balai Kartini Rembang pada 28 Mei sampai 4 Juni 2016 dengan anggaran dari pemerintah kabupaten setempat sebesar Rp200 juta.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan