Unit Pemadam Diminta Dibagi Seperti Zona Pilkades

Selasa, 6 Mei 2014 | 15:34 WIB
Mobil Pemadam Kebakaran Milik Pemerintah Kabupaten Rembang. (Foto:Citizen)

Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Rembang. (Foto:Citizen)

SEDAN, MataAirRadio.net – Warga di bagian timur Kabupaten Rembang meminta unit pemadam kebakaran tidak hanya ditempatkan di pusat Kota Rembang. Warga di Kecamatan Sedan misalnya, berharap unit pemadam dibagi sebagaimana zona Pilkades yakni ada barat, tengah, dan timur.

Menurut Sekretaris Desa Sedan, Zawinuha, rayonisasi unit pemadam diperlukan untuk penanganan secara cepat kebakaran di daerah yang jauh dari jantung Kota Rembang, seperti Sedan, Kragan, Sarang, dan Sale.

Selama ini, jika terjadi kebakaran di daerahnya, pemadam kerap kali terlambat datang. Pihaknya memahami jarak tempuh yang jauh serta kerusakan infrastruktur menjadi sandungan, namun demi pelayanan masyarakat, mestinya Pemkab mengabulkan harapan warga.

Sementara itu Bidang Kebersihan dan Drainase DPU Kabupaten Rembang yang menangani Regu Pemadam Kebakaran menyebut usulan dari warga untuk membagi unit damkar, merupakan wacana lama.

Kepala Bidang Kebersihan dan Drainase Abdul Rokhim mengaku memiliki jumlah personel pemadam kebakaran yang terbatas. Menurutnya, beberapa personel pemadam merangkap tugas sebagai sopir truk sampah.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang saat ini memiliki lima regu pemadam kebakaran, masing-masing beranggotakan enam orang. Namun dari jumlah itu, hanya lima orang di antaranya yang bersertifikat.

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polsek Sedan Ajun Inspektur Satu Karso Abdul Karim menilai, unit pemadam akan efektif jika dibagi alias tidak hanya di Kota Rembang. Dia mengusulkan agar unit pemadam tambahan ditempatkan setidaknya di Kecamatan Sedan.

Menurutnya, jika ditempatkan di Sedan, maka akses pemadam ke Kragan dan Sale masing-masing hanya sekitar 10 kilometer, Pamotan 7 kilometer, dan Sarang 15 kilometer. Dia membenarkan, pemadam kerap telat datang meski telah dihubungi begitu terjadi kebakaran di daerah timur Kabupaten Rembang. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan