UKM Diajak Promosikan Produk di Showroom Dekranasda

Kamis, 23 Februari 2017 | 15:16 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz membeli satu set mebel yang dipamerkan di showroom seusai meresmikan ruang pamer Dekranasda Kabupaten Rembang di Lasem, Kamis (23/2/2017). (Foto: mataairradio.com)

 

LASEM, mataairradio.com – Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) diajak mempromosikan produk kerajinan mereka di ruang pamer atau showroom milik Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Rembang.

Ajakan tersebut seiring peresmian ruang pamer Dekranasda Kabupaten Rembang di bilangan Jalan Pantura Rembang-Lasem, Desa Babagan Kecamatan Lasem, Kamis (23/2/2017). Showroom ini adalah eks gerai batik tulis lasem.

Di ruang pamer, bisa dijumpai produk batik tulis lasem, tembikar, kerajinan kulit, kuningan, bordir, anyaman, dan kerajinan lain seperti mebelair asli produk perajin lokal. Bangunan terdiri atas dua lantai dan didukung layanan wi-fi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang Muntoha mengatakan, ruang pamer ini bisa dipakai sebagai sarana meningkatkan kebersamaan dan kerjasama antara perajin dengan Dekranasda.

“Di showroom ini, selain digunakan untuk penjualan dan promosi produk, juga dimanfaatkan untuk ajang forum rembug, pengembangan usaha, serta ajang menimba ilmu dan berbagi pengetahuan,” katanya seusai acara peresmian.

Bupati Rembang Abdul Hafidz yang meresmikan ruang pamer tersebut juga mengatakan, showroom Dekranasda dipakai untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan perajin sekaligus destinasi wisata belanja produk khas Rembang.

“Kami berharap Dekranasda andil menjadi motor penggerak perajin di Rembang. UKM adalah salah satu pilar ekonomi andalan Negara. Kami mendukung keberadaan showroom ini, termasuk fungsinya sebagai tempat silaturahmi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengapresiasi perajin berasal dari Kajar-Lasem dan Jurangjero-Sluke karena melang-lang buana hingga di Pasar Senen Jakarta, dan membentuk organisasi perajin di sana. Mereka adalah perajin dompet dan sabuk.

“Pemkab sedang gencar mempromosikan produk kerajinan Rembang hingga ke luar negeri melalui berbagai pameran, termasuk memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media pendukung promosi dan penjualan hasil karya perajin,” tandasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan