Tunggu Proses di PKB, Yaqut-David Bersiap Perseorangan

Selasa, 26 Mei 2015 | 18:24 WIB
David dan Yaqut Cholil saat jumpa pers. (Foto: Pujianto)

David dan Yaqut Cholil saat jumpa pers. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan maju dari jalur perseorangan di Pilkada Rembang, akan bertambah. Setelah Suswantoro dan Abdul Hafidz, kini Yaqut Cholil Qoumas dan David Ciputra Cahyono akan maju sebagai pasangan bakal cabup-cawabup, jalur nonpartai.

Yaqut Cholil atau yang akrab disapa Gus Tutut dalam jumpa pers di kediamannya, Selasa (26/5/2015) siang menjelaskan, keputusannya untuk juga maju via jalur perseorangan, sebagai tes lapangan.

“Keputusan ini tidak akan memengaruhi keikutsertaan kami dalam penjaringan calon bupati dari PKB,” ujarnya kepada awak media.

Apalagi, sebelum penetapan calon, dia bisa mencabut pencalonannya di jalur perseorangan, apabila PKB jadi mengusungnya. Ditanya keputusannya serius atau tidak, Gus Tutut menyatakan sangat serius.

“PKB hanya punya enam kursi di DPRD dan belum pasti berkoalisi dengan siapa. Sembari menunggu proses, langkah ini kami lakukan,” katanya.

Lalu apakah Yaqut Cholil pesimistis dengan PKB? Politisi yang duduk di Komisi III DPR RI itu mengaku optimistis dengan penjaringan di PKB.

“Keputusan maju lewat jalur perseorangan juga sebagai uji kekuatan. Apalagi kami dengar ada calon perseorangan lain menggunakan instrumen pemerintahan untuk menggaet dukungan,” ungkapnya.

Menurutnya, kabar tersebut akan sulit terkroscek, jika tidak terjun langsung. Ia tak takut ditinggal oleh partai lain yang akhir-akhir ini menjalin komunikasi politik dengannya.

“Sebab, komunikasi politik kami juga terus berjalan,” tegasnya.

Dia menolak, apabila keputusannya itu dianggap merecoki calon lain. Menurutnya, dalam politik, perubahan akan berlangsung secara dinamis.

“Motivasi saya bersama Pak David maju, adalah sebagai ikhtiar membangun Rembang,” paparnya.

Soal posisinya sebagai anggota DPR, itu tidak masalah karena cukup cuti ketika maju mencalonkan diri.

Disinggung mengenai langkah konkret yang telah ditempuhnya untuk bersiap maju lewat jalur perseorangan, Gus Tutut mengaku sudah membentuk tim yang kini sedang bergerak di 14 kecamatan.

“Meski tim sukses kami, dibentuk dalam tempo sangat singkat, tetapi tinggal menggerakkan jaringan lama saja,” imbuhnya.

Sementara itu David Ciputra Cahyono menambahkan, alasan memilih mendampingi Yaqut Cholil karena kecocokan pandangan.

“Soal (saya) belum populer, itu akan selesai seiring digerakkannya mesin jaringan kami. Kan ada tim dan dan sosialisasi intensif kepada masyarakat,” terangnya.

Ketua Desk Pilkada PKB Arif Agung Cholili tidak menyoal langkah politik yang ditempuh Gus Tutut. Apalagi, proses penjaringan calon bupati dari PKB masih berjalan.

Dia menegaskan, partai belum bisa menjamin, apakah Gus Tutut yang akan diusung oleh PKB di Pilkada tahun ini.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan