Chaeron: Tunda Bayar Karena Berkas Belum Diterima

Senin, 19 Mei 2014 | 17:05 WIB
 Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang Chaeron. (Foto:Pujianto)

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang Chaeron. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang Chaeron akhirnya mengungkapkan alasan menunda pembayaran hasil pekerjaan talut dan drainase yang dikerjakan CV Bintang Terang di Kecamatan Sarang.

Menurutnya, berkas hasil pekerjaan talut dan drainase di Desa Sendangmulyo, Nglojo, dan Baturno ini, belum diterimanya. Berkas itu seperti berita acara serah terima dan pemeriksaan hasil pekerjaan, pengajuan termin pembayaran, back-up data, dan fotokopi berkas dokumen.

Chaeron menegaskan, berkas tersebut belum diajukan kepada dirinya. Soal pernyataan kontraktor yang menyebut alasan menunda bayar karena perintah dari Plt Bupati, Chaeron berkilah.

Plt Bupati menyebutkan secara umum bahwa pekerjaan yang kurang dari sisi kualitas, kuantitas, dan administrasi, agar ditunda bayar dulu hingga ada perbaikan atau penyelesaian.

Chaeron juga menjelaskan persoalan proyek talut dan drainase di Desa Mrayun Kecamatan Sale. Menurutnya, memang ada gambar yang dibuat pegangan kontraktor untuk mengerjakan proyek tersebut. Namun gambar itu disebut belum diteken resmi olehnya.

Sebenarnya, pekerjaan di Mrayun itu berjudul jalan cor. Sementara gambar yang dibuat pengawas lapangan dan belum ditekennya itu, telah dijadikan dasar pelaksanaan. Anggaran untuk proyek tersebut sebesar Rp95 juta, berasal dari APBD Kabupaten Rembang.

Untuk menangani persoalan di Mrayun, pihaknya hanya akan mengakui sebagian pekerjaan. Judul pekerjaan berupa jalan harus tetap dilalui jika hasil pekerjaan kontraktor ingin tetap dibayar. Chaeron menegaskan, alasan tunda bayar bukan karena CV Bintang Terang bermasalah.

Atas penjelasan tersebut, Nadhir Kasrun pelaksana proyek dari CV Bintang Terang menuding Chaeron telah berbohong. Sebab, menurutnya semua berkas sudah dibawa oleh Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman.

Berkas hasil pekerjaan juga disebut Nadhir telah komplit dan sudah di tangan Chaeron. Namun Chaeron kembali membantah pengakuan dari Nadhir. Dia bersikukuh, belum menerima berkas dari CV Bintang Terang. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan