Tujuh Tahun Tak Setor Dividen, PDAM Beralasan Lunasi Hutang

Rabu, 21 Maret 2018 | 18:16 WIB

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan PDAM Kabupaten Rembang Hernawan Happy Nugroho saat memberikan keterangan ihwal alasan PDAM tidak setor dividen selama tujuh tahun. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rembang mengakui tidak adanya setoran dividen atau bagi hasil laba kepada pemerintah kabupaten ini setidaknya selama tujuh tahun terakhir.

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan PDAM Kabupaten Rembang Hernawan Happy Nugroho menyatakan, pihaknya masih memiliki akumulasi kerugian, sehingga meski untung, tidak ada dividen yang disetor kepada Pemkab.

“Kita masih ada akumulasi kerugian, sehingga tidak menyetor dividen, meski kita sudah ada sedikit keuntungan,” katanya.

Laporan keuangan, menurutnya, tetap diperiksa oleh Bupati Rembang sebagai pemilik saham atas nama Pemkab. Dari pemeriksaan atas laporan yang disusun oleh kantor akuntan publik ini, muncul penetapan laba tahun berjalan.

“Laporan keuangan ada terus. Dari KAP diperiksa juga oleh Bupati selaku pemilik (saham). Dari laporan itu nanti muncul penetapan laba tahun berjalan,” katanya.

Happy mengungkapkan, hingga Maret 2018, jumlah akumulasi kerugian PDAM Kabupaten Rembang mengalami penurunan. Jika sebelumnya akumulasi kerugian PDAM mencapai Rp31 miliar, maka kini tinggal Rp5 miliar.

“Akumulasi kerugian kita sudah turun. Awalnya Rp31 miliar, tinggal Rp5 miliar,” katanya.

Menurut dia, turunnya akumulasi kerugian karena DPAM pernah mendapat restrukturisasi pinjaman senilai Rp24 miliar lantaran perusahaan milik daerah ini mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajiban mengembalikan pinjaman.

PDAM Rembang mencatat biaya produksi perusahaan pada tahun 2016 sebanyak Rp16,93 miliar, sedangkan pada tahun 2017 naik menjadi sebesar Rp17,869 miliar.

Dengan biaya produksi tersebut, PDAM membukukan laba Rp783,453 juta pada 2016 dan Rp927,946 juta pada 2017.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan