Toko Modern Di Rembang Tak Lagi Sediakan Kantong Plastik

Kamis, 13 Februari 2020 | 11:30 WIB

Ilustrasi kantong plastik. (Foto: timesindonesia.co.id)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bagi warga Rembang yang ingin berbelanja di toko modern seperti Alfamart dan Indomaret diimbau untuk membawa tas belanja dari rumah apalagi jika berbelanja dalam jumlah besar. Pasalnya mulai awal Februari 2020 Indomaret dan Alfamart di Rembang tidak lagi menyediakan kantong plastik bagi pelanggan.

Hal tersebut sehubungan dengan keluarnya surat imbauan dari Pemerintah Daerah (Pemda) nomor 660.1/0261/2020 tentang kebijakan pengelolaan sampah rumah tangga sehingga pimpinan toko modern diminta untuk membatasi penggunaan kantong plastik bagi pelanggan atau menyediakan kantong belanja yang berbahan ramah lingkungan.

Fina, karyawan pada salah satu Indomaret di Rembang menyatakan kebijakan tersebut sudah di mulai awal Februari 2020. Sebenarnya banyak masyarakat yang belum tahu peraturan tersebut sehingga banyak yang komplain dengan pembatasan kantong plastik.

Untuk solusi pelanggan yang berbelanja dalam jumlah banyak, pihaknya menyediakan kantong belanja yang berbahan ramah lingkungan namun kantong tersebut dijual dengan harga lima ribu rupiah.

“Ya Mas, banyak yang protes tidak dikasih kantong plastik. Tapi gimana lagi lha itu sudah ada aturannya. Kami juga menyediakan kantong belanja tapi ya harganya lima ribu dan banyak pelanggan yang enggan untuk beli karena dianggap mahal,” ungkapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat jika ingin belanja ke toko modern tersebut bisa membawa tas belanja dari rumah jika enggan untuk membeli kantong belanja yang ramah lingkungan.

Siti Musyarofah salah seorang pembeli menyatakan kaget dengan aturan baru tersebut, menurutnya pembatasan kantong di toko modern cukup merepotkan bagi pembeli yang berbelanja dalam jumlah besar. Jika membeli kantong berbahan ramah lingkungan yang harganya lima ribu itupun dengan terpaksa. Apalagi sebagai ibu rumah tangga uang lima ribu bisa digunakan membeli keperluan lainnya.

“Lima ribu kalau dibelikan telur dapat dua butir lho Mas, kok jadi ribet to sekarang mau belanja ke Indomaret dan Alfamart,” pungkasnya.

Dirinya berharap kebijakan pembatasan tersebut tidak menghilangkan sama sekali adanya kantong plastik. Jika hanya membeli satu botol air mineral itu masih wajar kalau tidak dikasih kantong plastik. Namun jika berbelanja dalam jumlah banyak harusnya tetap dikasih kantong plastik.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan