Tingkatkan SDM, BPS Rembang Latih Petugas Survei Ubinan

Kamis, 2 Agustus 2018 | 18:56 WIB

Petugas Survei Ubinan Tanaman Pangan pada Badan Pusat Statistik (BPS) Rembang dilatih melakukan pengubinan terhadap tanaman kedelai di Desa Japerejo Kecamatan Pamotan, pada Kamis (2/8/2018) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairadio.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang melatih sebanyak 32 orang petugas survei untuk melakukan pengubinan pada tanaman pangan.

Isnaini Kasubag Tata Usaha pada BPS Rembang mengatakan, kegiatan itu merupakan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia pada manajemen BPS Rembang.

Ia menjelaskan, proses pelatihan dilakukan melalui dua sesi selama dua hari, sejak Rabu (2/8/2018) hingga Kamis (3/8/2018).

“Sesi pertama pemahaman materi mengenai teknik pengubinan digelar di Hotel Fave Rembang pada Rabu pagi (2/8/2018) kemarin.

Sedangkan sesi selanjutnya pada Kamis (3/8/2018) baru praktiknya, di empat desa di Kecamatan Pamotan. Jenis tanaman yang diubin beda-beda,” ujarnya.

Disebutkannya, empat desa itu Desa Pamotan dengan mengubin tanaman padi, Desa Japerejo tanaman kedelai, Desa Ngemplakrejo mengubin tanaman jagung, dan Desa Gegersimo mengubin tanaman ketela pohon.

“Dari hasil ubinan di empat desa itu, per 2,5×2,5 meter persegi masing-masing menghasilkan padi 3,71 kilogram, kedelai 0,86 kilogram, jagung 3,83 kilogram, dan singkong 15,4 kiloggram.

Dapat disimpulkan, secara statistik diperkirakan hasil panen padi kurang lebih mencapai 5,9 ton per hektare, kedelai 1,3 ton per hektare, jagung 6,1 ton per hektare, dan ketela pohon 24,6 ton per hektare,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan