Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Rembang Tanggap Ketoprak

Kamis, 14 Maret 2019 | 13:57 WIB

Poster digital pagelaran seni dan budaya ketoprak yang diselenggarakan KPU Kabupaten Rembang. (Foto: KPU Kabupaten Rembang)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Rembang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Setelah menggelar lomba menggambar dan gerak jalan beberapa waktu lalu bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rembang, Pihak KPU setempat juga berencana mengadakan pagelaran seni budaya Ketoprak.

Komisioner KPU Setempat Zaenal Abidin menyatakan rencananya pagelaran seni budaya ketoprak ini akan di gelar di dua tempat yaitu di lapangan sepakbola Kecamatan Sumber dan Lapangan Desa Sedangwaru Kecamatan Kragan.

Pemilihan tempat ini tidak berpusat di kota Rembang namun diadakan di wilayah barat atau Kecamatan Sumber dan wilayah timur di Kecamatan Kragan bermaksud agar sosialisasi Pemilu lebih menyebar.

Kelompok seni budaya Ketoprak yang akan tampil pada Jumat (15/3/2019) di Sumber dan untuk di Desa Sendangwaru Sabtu (16/3/2019) malam tepatnya pukul 19.30 waktu setempat ini adalah kelompok ketoprak Wahyu Manggolo yang berasal dari Kabupaten Pati.

“Kita memilih Sumber dan Kragan karena menganggap tempat tersebut lebih pas, selain itu juga agar animo masyarakat di barat dan timur lebih tinggi untuk Pemilu mendatang,” ungkapnya.

Bidin menambahkan bahwa ada beberapa pilihan untuk sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, diantaranya pagelaran musik, wayang kulit dan juga ketoprak namun disepakati bahwa KPU Rembang akan mengangkat kebudayaan masyarakat yang masih poluler yaitu ketoprak.

Untuk materi yang akan disisipkan pada pagelaran ketoprak tersebut, Bidin memastikan bahwa harus ada ajakan untuk memilih pada 17 April mendatang, selain itu ajakan untuk memilih calon pemimpin yang baik.

Tidak lupa materi tentang penolakan berita bohong (hoak), politik sara, dan juga penolakan politik uang juga harus masuk dalam lakon yang akan diperankan oleh kelompok ketoprak tersebut.

“Selain pesan pentingnya memilih, kami pastikan bahwa masyarakat jangan sampai tergoda iming-iming politik uang dari para Caleg,” pungkasnya.

Komisioner asal Desa Trembes Kecamatan Gunem ini mengajak masyarakat untuk menonton pagelaran ketoprak, bisa mengajak keluarga, sahabat ataupun kolega.

 

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan