Tiga Kapal Milik Warga di Sarang Ditabrak Tongkang

Rabu, 23 Januari 2019 | 20:41 WIB

Anggota Pos Angkatan Laut Rembang tengah mengidentifikasi insiden tiga unit kapal milik warga di Kecamatan Sarang rusak setelah dihantam tongkang, pada Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. (Foto: mataairradio.com)

 

SARANG, mataairradio.com – Tiga unit kapal milik warga di Kecamatan Sarang rusak setelah dihantam tongkang, pada Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 20.00 WIB.

Insiden tersebut tepatnya terjadi pada titik koordinat 06 44′ 500″ – 11 40′ 500″ E, atau di perairan dekat dengan Lokasi TPI Sarang.

Komandan Pos TNI AL Rembang Lettu Hartono menjelaskan, awalnya kapal tongkang tanpa muatan bernama TK. AMB. Theodorus 01 tersebut hanyut terbawa ombak besar dari arah barat menuju ke timur, setelah itu menabrak tiga kapal milik nelayan yang sedang sandar.

Ia mengungkapkan, akibat peristiwa itu, satu kapal rusak parah dan dua lainnya rusak ringan. Dari kerusakan tersebut, kerugian materi ditaksir mencapai Rp300 juta.

“Tiga kapal yang rusak akibat dihantam tongkang itu adalah KM. Soneta, KM Feri Indah, dan KM Putra Sukses. Masing-masing kapal tersebut merupakan milik Warga Desa Bajingmeduro-Sarang, berbobot mati 30 Gross Ton (GT),” tuturnya.

Hartono menambahkan, tiga pihak pemilik kapal yang rusak dihantam tongkang pun meminta ganti rugi kepada pemilik kapal tongkang.

“PT. Andalan Mitra Bahari selaku pemilik kapal tongkang sudah bersedia memberikan ganti rugi kepada tiga pemilik kapal,” katanya.

Dijelaskannya, tiga kapal yang dihantam tongkang tersebut masing-masing mengalami kerusakan pada bodi bagian belakang dan samping kanan.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh nelayan supaya tetap waspada terhadap kemungkinan buruk dari gelombang tinggi yang tengah melanda hampir di seluruh Perairan Rembang.

“Untuk para nelayan supaya waspada, karena cuaca buruk; angin kencang dan gelombang tinggi. Sering periksa perahu maupun kapal yang disandarkan,” pungkasnya.

Sementara itu, sebuah kapal di perairan dekat TPI Tasikagung Rembang mengalami karam, pada Rabu (23/1/2019) siang. Belum diketahui secara pasti penyebab dan identitas kapal yang karam itu.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan