Terkendala Curah Hujan, Luas Tanam Padi Di Rembang Menurun

Selasa, 12 Februari 2019 | 16:48 WIB

Area persawahan di wilayah Kecamatan Lasem. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Luas tanam padi di Kabupaten Rembang pada awal tahun 2019 mengalami penurunan dari tahun 2018 lalu.

Luas tanam padi sejak awal tahun 2019 mencapai 28.956 hektare sedangkan periode sebelumnya mencapai 31.206 hektare.

Prima Kartika Sari bagian produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Rembang menyatakan bahwa Hingga Selasa (12/2/2019) penurunan tersebut disebabkan oleh tingkat curah hujan yang minim di Rembang.

Mengenai kondisi tersebut, pihaknya berupaya mengatasinya dengan program Tumpangsari yaitu menanami satu lahan dengan dua atau lebih tanaman yang berbeda.

“Sementara ini untuk mengatasinya, kita ada program tumpangsari,” tegasnya.

Prima menambahkan pihaknya menargetkan luas pada bulan Februari 2019 mencapai 1700 hektare dan target ini naik dibandingkan dengan Februari tahun 2018 yang hanya 1300 hektare.

Dirinya menambahkan jika curah hujan dalam beberapa hari terakhir baik dalam artian antara panas dan hujan berselingan maka hal tersebut bisa berpengaruh positif terhadap penanaman padi yang dilakukan oleh petani.

 

 

Penulis: Chintami Budhi Pertiwi
Editor: Muhammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan