Terdaftar atau Belum, Warga Bisa Kroscek Sidalih

Jumat, 4 September 2015 | 18:54 WIB
sidalih.kpu.go.id. (Foto: mataairradio.com)

sidalih.kpu.go.id. (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Warga Kabupaten Rembang yang merasa sudah memiliki hak pilih bisa mengroscek terdaftar atau belum terdaftar sebagai pemilih di Pilkada 2015 dengan mengakses secara online sistem informasi data pemilih (sidalih).

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih pada KPU Rembang Nurul Muasiroh mengatakan, kroscek terdaftar atau belum terdaftar sebagai pemilih bisa dilakukan dengan mengakses laman www.sidalih.kpu.go.id.

“Cara masuknya cukup dengan menginput nama dan nomor induk kependudukan (NIK). Jika sudah terdaftar akan muncul. Tetapi apabila ternyata belum terdaftar, silakan menghubungi PPS setempat,” katanya.

Mengenai sejumlah pemilih yang tidak berhasil diinput di aplikasi sidalih saat rekapitulasi pemilih di tingkat PPS, Nurul mengaku sudah meminta kepada PPK dan PPS untuk mencatatnya.

“Jumlah mereka ini tidak sampai dua persen dari total DPS yang mencapai 485.565 pemilih. Sekitar 1-1,5 persen lah (dari DPS,” tandasnya.

Pihak KPU kembali mengungkapkan, tertolaknya mereka oleh sidalih, salah satunya karena merupakan pemilih baru.

“Tetapi tidak semua pemilih baru, gagal terinput di sidalih. Hanya sebagian kecil,” tegasnya.

Menurutnya, mereka ditolak sistem karena nama dan NIK-nya tidak sesuai atau invalid. Lagi pula, kata Nurul, server sidalih sempat error sehingga data tertolak.

“Terhadap data pemilih yang NIK-nya invalid, akan kami koordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujarnya.

Selain mengroscek secara online sidalih, warga yang merasa sudah memiliki hak pilih bisa memastikan terdaftar atau belum terdaftar, dengan melihat data daftar pemilih sementara (DPS) yang akan dipasang oleh PPS dalam waktu dekat.

“DPS segera kami sampaikan ke PPS untuk kemudian ditempel di tempat-tempat strategis. Bisa dicek di sana,” imbuhnya.

Nurul menegaskan, jika belum terdaftar, tetapi memiliki hak pilih, warga yang bersangkutan dipersilakan datang ke PPS setempat, untuk dilakukan perbaikan di DPS.

“Masa tanggapan DPS berlaku mulai tanggal 10-19 September nanti,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan