Temui Jokowi, Kades Rembang Usung Tiga Misi

Selasa, 26 Mei 2015 | 18:31 WIB
Ilustrasi (Foto: 3.bp.blogspot.com)

Ilustrasi (Foto: 3.bp.blogspot.com)

REMBANG, mataairradio.com – Ratusan kades dan perangkat desa di Kabupaten Rembang, Selasa (26/5/2015) sore berangkat ke Jakarta untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi. Mereka mengusung tiga misi untuk disampaikan kepada sang Presiden.

Ponco Supriyadi, Kepala Desa Tambakagung Kecamatan Kaliori selaku koordinator massa menyebutkan, tiga misi itu adalah menuntut dipertahankannya hak asal usul desa, percepatan revisi PP 43 Tahun 2014 tentang Desa, serta penguatan Nawa Cita Jokowi-JK berupa komitmen kucuran dana Rp1 miliar per desa pada 2016.

“Hak asal usul desa yang dimaksud adalah aset desa. Aset desa itu ada yang bisa diuangkan, tetapi ada yang hanya diusahakan. Yang diusahakan itu lahan bengkok. Bengkok itu ada banda desa, palungguhan, dan pangarem-arem atau tali asih, sehingga mestinya tidak semua bengkok ditarik, dikelola desa,” katanya.

Ponco yang juga merupakan Wakil Bendahara Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Tengah tidak memiliki misi lain selain tiga itu. Dia menegaskan, proporsi pembagian 30 persen dana desa untuk penghasilan tetap dan 70 persen untuk pembangunan fisik, sudah bisa diterima.

“Kami nggak bisa bilang proporsi itu kurang atau pas, karena nilai APBN tidak bisa diketahui secara terbarukan. Apalagi, perkembangan kebutuhan dari Negara, sulit diketahui pemerintah level bawah, seperti desa. Kami lebih memilih mendesak, proporsi 10 persen APBN untuk desa, bisa diwujudkan di 2016,” tandasnya.

Dia menegaskan, kewenangan atas hak asal usul sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa tidak sinkron dengan isi PP 43 Tahun 2015. Intinya jangan sampai bengkok disamaartikan.

“Bengkok banda desa boleh ditarik, tetapi bengkok palungguhan dan tali asih, agar ditetapkan,” tegasnya.

Ponco menambahkan, jumlah kades dan perangkat desa yang berangkat sebanyak 431 orang dengan menumpang 9 bus. Rombongan berangkat pukul 15.40 WIB. Mereka sempat menunggu lama karena menanti rombongan dari Blora.

Rencananya, rombongan dari Rembang dan Blora, akan bergabung dengan para kades dan perangkat desa lainnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali. Mereka yang berangkat ini, umumnya kades dan perangkat desa yang berbengkok. Rabu (27/5/2015) pukul 10.00, mereka akan bertemu Jokowi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan