Tekan Dampak Kekeringan, Rembang Siapkan Raskin Ke-13

Kamis, 17 September 2015 | 16:11 WIB
Beras untuk keluarga miskin (raskin). (Foto: portalkbr.com)

Beras untuk keluarga miskin (raskin). (Foto: portalkbr.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang menyiapkan alokasi beras bagi keluarga miskin (raskin) ke-13 untuk menekan dampak kekeringan. Total alokasi raskin ke-13 sebanyak 1.035 ton untuk 69.014 rumah tangga sasaran.

Menurut Plt Asisten II Sekda Rembang Abdullah Zawawi, rencana pengalokasian raskin ke-13 itu karena persediaan pangan di gudang bulog masih cukup sampai Februari tahun depan.

“Stok beras di Gudang Bulog Rembang masih 6.642 ton dan cukup dikonsumsi hingga 6 bulan ke depan,” ungkapnya kepada mataairradio.

Zawawi menyatakan belum menangkap keresahan masyarakat soal pangan sampai harus mengalokasikan raskin ke-13. Dia mengaku hanya khawatir saja dengan kondisi perekonomian masyarakat.

“Khawatir saja karena musim hujan diprediksi mundur, yang sekaligus menunda musim tanam yang biasanya November,” jelasnya.

Mengenai kapan distribusi raskin ke-13 dilakukan, Pemkab Rembang akan menyalurkannya pada bulan Desember. Tetapi Zawawi menyatakan masih perlu menunggu petunjuk penyaluran raskin ke-13 dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu, mengenai jatah penyaluran beras bagi 69.014 keluarga miskin untuk bulan September, menurut Zawawi, sudah disalurkan pada 19 sampai 25 Agustus lalu.

“Sementara raskin jatah Oktober, disalurkan mulai tanggal 14 hingga 21 September ini,” bebernya.

Sebelumnya, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Rembang merilis, stok cadangan pangan di daerah ini masih cukup sampai Oktober 2016 atau 13 bulan ke depan.

“Tingkat kebutuhan beras di masyarakat Rembang sebanyak 4.276 ton per bulan,” ujar Kepala BKP dan P4K Rembang Dwi Purwanto.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan