Taman Kartini Diusulkan Jadi Taman Burung

Rabu, 31 Januari 2018 | 19:57 WIB

Agung Suryo, pelaku budidaya lovebird, warga Kelurahan Kutoharjo Kecamatan Rembang mengusulkan kepada Pemerintah agar Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang dijadikan sebagai taman burung, termasuk burung-burung yang dilindungi. (Foto: Wahyu Salvana)

 

REMBANG, mataairradio.com – Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang diusulkan untuk dijadikan taman burung.

Ini setelah objek wisata ini diserahkan pengelolaannya dari CV Rembang Jaya Sentosa kepada pemerintah kabupaten setempat.

Agung Suryo (40), warga Kelurahan Kutoharjo Kecamatan Rembang mengatakan, usulan menjadikan Taman Kartini sebagai taman burung antara lain mempertimbangkan jumlah pecinta burung di kabupaten ini yang mencapai ratusan.

Selain itu, juga karena di Rembang belum ada pasar burung. Taman burung bisa berisi unggas-unggas langka yang dilindungi.

“Di taman ini pun bisa disediakan tempat transaksi burung berkicau atau semacam pasar burung,” katanya kepada mataairradio, Rabu (31/1/2018).

Andra Ardha Nasya (23), warga Desa Waru Kecamatan Rembang mengatakan, daerah ini memang perlu tempat berkumpulnya para komunitas penghobi burung.

“Jika memungkinkan, kami usul kepada Pemerintah untuk menyediakan wadah,” katanya.

Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang, menurutnya, bisa saja dijadikan semacam taman burung.

“Taman burung potensial disediakan, mengingat penghobi burung yang lintas daerah, paling tidak di Rembang sendiri, lalu dari Pati dan Blora,” katanya.

Karena jumlah pecintanya yang banyak, tersedianya taman atau pasar burung, diharapkan bisa menjadi sumber pengungkit baru perekonomian daerah.

Saran ini diharapkan menjadi salah satu pertimbangan dalam pengelolaan Taman Kartini nanti.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Dwi Purwanto mempersilakan masyarakat untuk mengusulkan pengembangan Taman Rekreasi Pantai Kartini.

“Usulan dari masyarakat akan dipertimbangkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Dwi memastikan akan berkoordinasi lebih dulu dengan Bupati mengenai nasib pengelolaan Taman Rekreasi Pantai Kartini setelah diserahkan kembali kepada Pemkab.

Pihak dinas memastikan Taman Kartini tetap bisa dikunjungi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan