Tak Ada Gugatan, Besok Cabup Terpilih Ditetapkan

Senin, 21 Desember 2015 | 18:57 WIB

KPU Rembang menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2015 di Aula Hotel Puri Indah, Rabu 16 Desember 2015. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang akan menetapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Rembang pada Selasa 22 Desember ini.

Hal itu setelah tidak ada gugatan terhadap hasil penghitungan perolehan suara Pilkada Rembang ke Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud, Senin (21/12/2015) pagi mengaku bersyukur atas tidak adanya gugatan hasil Pilkada Rembang ke MK.

“Dengan tidak adanya gugatan, maka penetapan calon terpilih menjadi tidak harus dilakukan pada Maret tahun depan atau tidak harus menunggu putusan Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Ia mengungkapkan, penetapan calon kepala daerah terpilih, yakni pasangan Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto, akan dilakukan di Pendapa Museum RA Kartini dengan mengundang pihak pasangan calon dan panitia pengawas Pilkada serta pihak terkait lainnya.

“Kami berharap penetapan besok (21/12/2015) lancar,” tandasnya.

Meskipun sudah akan menetapkan calon kepala daerah terpilih pada 22 Desember ini, namun tugas KPU belum selesai.

KPU masih harus membuat usulan pelantikan kepala daerah terpilih kepada Gubernur. Pengusulan itu wajib dilakukan pada rentang 23-29 Desember ini.

“Kami masih harus melakukan pengusulan pengesahan dan pengangkatan calon,” katanya.

Ketua KPU tidak mengomentari rencana pelantikan kepala daerah yang akan digelar secara serempak pada bulan Juni 2016.

Menurutnya, urusan pelantikan, sudah tidak lagi wilayah KPU. Intinya, KPU cukup mengusulkan pelantikan kepala daerah terpilih saja pada rentang waktu tersebut.

“Dilantik serentak atau dilantik sesuai akhir masa jabatan masing-masing kepala daerah, itu kewenangan Mendagri,” tandasnya.

Ia menegaskan, setelah mengusulkan pelantikan kepala daerah terpilih itu, maka tugas KPU terkait pilkada yang berhubungan dengan calon bupati dan wakil bupati, sudah selesai.

“Kami tinggal menuntaskan urusan internal, termasuk di antaranya soal laporan pertanggungjawaban keuangan,” tegasnya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekda Rembang Akhsanudin sempat mengatakan, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih direncanakan pada bulan Juni tahun depan.

Namun keputusan resmi dari Kementerian Dalam Negeri, masih belum diterimanya.

Pelantikan kepala daerah terpilih akan dilakukan di Ibukota Provinsi Jawa Tengah, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Ia menyatakan mulai menyiapkan pelantikan itu dan sekaligus mempersiapkan acara serah terima jabatan dari Pj Bupati kepada bupati yang baru.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan