Syarat Berubah, Gusno-Darmawan Tetap maju Lewat jalur Perseorangan

Kamis, 28 November 2019 | 18:15 WIB

Dharmawan Budiharto saat ditemui di Kantor KPU Rembang, Kamis (28/11/2019). (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Berubahnya persyaratan untuk calon perseorangan pada Pilkada Rembang 2020 mendatang, tentang harus diisinya kolom pekerjaan pada lampiran dukungan tidak membuat mundur pasangan Gusno-Darmawan.

Pasangan yang sudah mendeklarasikan diri akan maju lewat jalur perseorangan ini mengaku harus mematuhi aturan dari KPU. Pasalnya ada aturan terkait larangan KTP-el aparatur sipil negara (ASN) untuk syarat dukungan. Sehingga kolom pekerjaan harus diisi.

Saat ditemui reporter mataairradio.com pada acara sosialisasi tahapan pasangan calon perseorangan pada Kamis (28/11/2019) pagi di aula kantor KPU, Dharmawan Budiharto mengaku sudah menyiapkan berkas dukungan berupa KTP-el dari masyarakat. Sedangkan KTP-el pendukungnya tersebut yang bekerja sebagai ASN akan disisihkan karena jika diserahkan ke KPU akan percuma karena tidak memenuhi syarat.

Disinggung berapa KTP-el yang sudah dikumpulkan sebagai syarat dukungan, Darmawan mengaku sudah lebih dari lima ribu KTP-el tanpa menyebutkan jumlah detilnya.

“Mengenai kolom pekerjaan, mau tidak mau kami harus mengikuti aturan tersebut. Untuk dukungan ya sudah di atas limaribu lah, tapi detilnya nanti saja pas penyerahan sekitar bulan maret 2019,” ungkapnya.

Dirinya memastikan pada saat penyerahan berkas dukungan nanti, pasangan Gusno-Darmawan mampu memenuhi syarat yang ditentukan oleh KPU Rembang sebanyak 41.484 dukungan berupa KTP-el.

Sementara itu, Ketua KPUD Rembang Iqbal Fahmi menyatakan saat ini sudah masuk tahapan sosialisasi calon perseorangan. Butuh 8,5 persen dari jumlah DPT Pileg 2019 lalu sebagai syarat maju melalui jalur perseorangan. Jumlah DPT Pilleg 2019 lalu sebanyak 488.042.

KPUD Rembang sendiri mengundang semua pihak dalam acara sosialisasi calon perseorangan agar informasi tersebut diketahui oleh masyarakat umum.

Penulis : Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan