Persoalan Kekurangan Surat Suara Pilpres di Rembang Akhirnya Beres

Minggu, 6 Juli 2014 | 14:32 WIB
Specimen Surat Suara Pilpres 2014.

Specimen Surat Suara Pilpres 2014.

REMBANG, MataAirRadio.net – Persoalan kekurangan 6.132 lembar surat suara Pilpres 2014 di Kabupaten Rembang akhirnya beres pada Minggu (6/7) pagi. Tim logistik dari KPU Kabupaten Rembang telah tiba dengan membawa kekurangan surat suara dari Biro Logistik KPU Pusat di Jakarta.

Kepala Sub-Bagian Umum Sekretariat KPU Kabupaten Rembang Bagus Gede Prabowo mengatakan, timnya tiba dari Jakarta pada Sabtu (5/7) malam serta langsung melakukan sortir dan pelipatan surat suara hingga Minggu (6/7) jam empat pagi.

Meski surat suara tersebut dibawa sendiri oleh tim logistik dari KPU Kabupaten, namun Bagus menjamin keamanannya. Begitu sortir dan pelipatan selesai, pihak KPU langsung mendistribusikannya ke PPK Rembang dan sejumlah PPK yang masih kekurangan beberapa lembar surat suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang Minanus Suud menjelaskan, pilihan untuk menjemput surat suara secara langsung ke Jakarta terpaksa ditempuh, agar distribusinya tidak lagi molor dan mengganggu Pilpres di kabupaten ini.

Sebelumnya pun, dia telah menyatakan menyiapkan sejumlah antisipasi gugatan Pemilu Presiden 2014. Pihak KPU tidak menginginkan gugatan yang pernah diterima saat Pileg kemarin, terulang lagi di Pilpres.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan KPPS telah diinstruksikan lebih teliti dalam menulis laporan dan menjumlah hasil penghitungan suara. Penghitungan suara akan ditulis di formulir C1 yang sudah tertempel stiker hologram. Jika ada tulisan yang salah dan keberatan saksi, wajib dicatat di formulir C2.

Khusus mengenai surat suara di Pilpres 9 Juli nanti, KPU Kabupaten Rembang menerima 491.125 lembar surat suara yang merupakan jumlah pemilih di DPT dan jatah tambahan dua persen dari DPT. Daftar pemilih tetap Pilpres di kabupaten ini sebanyak 479.146 orang.

KPU Rembang juga menerima sebanyak 1.000 lembar surat suara untuk antisipasi pemungutan suara ulang serta 1.777 lembar plano daftar pasangan calon atau DPC untuk dipasang di setiap TPS. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan