Surat Suara Pilpres di Rembang Masih Kurang 11.125 Lembar

Thursday, 19 June 2014 | 15:22 WIB
Bagus Gede Prabowo saat berada di garasi tempat penyimpanan logistik surat suara Pilpres 2014 di Kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:Pujianto)

Bagus Gede Prabowo saat berada di garasi tempat penyimpanan logistik surat suara Pilpres 2014 di Kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Rabu (18/6) sekitar jam setengah sembilan malam, telah menerima logistik surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. Namun jumlah surat suara yang diterima masih kurang dari jatah yang ditentukan.

Kepala Sub-Bagian Umum Sekretariat KPU Kabupaten Rembang Bagus Gede Prabowo menyebutkan, logistik surat suara yang diterimanya, baru sebanyak 480.000 lembar. Kekurangannya belum diketahui kapan akan dikirim.

Mestinya KPU Kabupaten Rembang menerima 491.125 lembar surat suara karena ada tambahan jatah dua persen dari jumlah DPT. DPT Pilpres di kabupaten ini diketahui sebanyak 479.146 pemilih.

KPU Rembang juga menerima sebanyak 1.000 lembar surat suara untuk antisipasi pemungutan suara ulang dan 1.777 lembar plano daftar pasangan calon atau DPC untuk dipasang di setiap TPS.

Hingga Kamis (19/6) siang, logistik tersebut masih tersimpan di ruang garasi Kantor KPU Kabupaten Rembang. Tidak tampak personel polisi yang berjaga, meski garasi tersebut dalam kondisi terkunci. Namun Bagus Gede menyatakan, pihaknya sudah meminta pengamanan polisi.

Menurutnya, logistik surat suara yang sudah diterima akan dilakukan sortir dan pelipatan mulai Jumat (20/6) ini. Sebagaimana pada Pemilu Legislatif 9 April kemarin, penyortiran dan pelipatan akan dilakukan dengan memanfaatkan tenaga lepas dari luar.

Hanya saja, upah yang diberikan untuk sortir dan pelipatan per satu lembar surat suara, lebih murah dari saat Pemilu Legislatif. Jika ketika Pileg Rp100 per lembar, maka di Pilpres ini hanya Rp50. Menurut rencana, akan ada 50 orang tenaga yang digunakan agar sortir dan lipat surat suara bisa tuntas pada hari Minggu (22/6) mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftuhin mengatakan, meski sudah menerima logistik surat suara, pihaknya mengaku masih menanti kiriman formulir dan sampul surat suara dari KPU Pusat. Selebihnya, seperti alat tulis serta alat dan alas coblos Pilpres telah siap.

KPU akan mulai mengirimkan logistik Pilpres pada Senin 23 Juni 2014. Sebelum 5 Juli 2014, logistik Pilpres direncanakan telah sampai ke tingkat kecamatan. KPU menargetkan, sehari sebelum hari coblosan 9 Juli 2014, semua logistik Pilpres sudah harus diterima KPPS dan PPS di tingkat desa. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan