Surat Suara Mulai Disalurkan, KPU Waspadai Sabotase

Kamis, 20 Maret 2014 | 15:27 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (20/3) pagi mulai menyalurkan surat suara untuk Pemilu 2014. (Foto:Puji)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (20/3) pagi mulai menyalurkan surat suara untuk Pemilu 2014. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (20/3) pagi mulai menyalurkan surat suara untuk Pemilu 2014. Empat armada dikerahkan oleh KPU, lengkap dengan pengawalan ketat polisi. Satu armada satu polisi. Keempat armada mulai bertolak dari gudang logistik KPU di Jalan Ahmad Yani, Sawahan, Rembang, sekitar jam sembilan pagi.

Kepala Sub-Bagian Umum Sekretariat KPU Kabupaten Rembang Bagus Gede Prabowo mengatakan, surat suara yang didistribusikan pada Kamis (20/3) adalah yang untuk DPR dan DPRD Kabupaten. Dia juga mengatakan, armada distribusi dibagi dalam dua wilayah yakni barat dan timur. Dari 14 kecamatan, wilayah Kaliori, Sumber, Sulang, Bulu, Gunem, Pamotan, dan Pancur, termasuk wilayah barat.

Pihak KPU Kabupaten Rembang, menurut Bagus, belum tentu merangkai distribusi surat suara DPD dan DPRD Provinsi pada Jumat (21/3). Sebab, pada hari itu, berlangsung kampanye terbuka, sehinggarawan aksi sabotase. Bagus menegaskan, KPU mewaspadai aksi semacam itu.

Sementara itu hingga Kamis (20/3) siang, logistik lain seperti template untuk pemilih tuna netra dan formulir surat suara, masih belum dikirim oleh KPU Pusat. Logistik yang sudah ada di KPU Rembang tetapi belum dikirim adalah formulir pemilih jenis C6, segel surat suara, dan hologram untuk formulir jenis C1.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, secara kesiapan, logistik pemilu 2014 di kabupaten ini, nyaris siap. Jika pun ada kekurangan, pada sebelum tanggal 5 April 2014, semua jenis logistik Pemilu sudah akan siap di tingkat PPK atau panitia pemilihan kecamatan.

Soal surat suara yang rusak, karena jumlahnya tidak lebih dari 2.000 lembar, Minanus Suud meyakini, itu tidak akan mengganggu. Apalagi, KPU Pusat sudah siap menggantinya dalam waktu dekat. Adapun logistik yang sudah tiba di setiap PPK, sudah diminta untuk segera dilakukan pengepakan. Selanjutnya akan didistribusikan pada rentang tanggal 5 hingga 8 April 2014, sampai ke tingkat PPS.

Berdasarkan pantauan MataAir Radio di lapangan, meski berjarak cukup dekat dengan Gudang KPU Kabupaten Rembang, PPK Rembang belum akan mendapat distribusi logistik pada hari pertama. Ketua PPK Rembang Husna Andyrakhman mengatakan, biasanya distribusi untuk Kecamatan Kota baru pada saat terakhir.

Pihak Panwaslu Kabupaten Rembang juga menyatakan telah menyiagakan masing-masing panwascam untuk mengawasi distribusi surat suara dari KPU di setiap kecamatan. Fokus pengawasannya adalah pengamanan distribusi seperti pengawalan dari aparat keamanan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan