Suplai Elpiji Melon Dijamin Aman saat Ramadan

Rabu, 31 Mei 2017 | 15:54 WIB

Pekerja tengah menata tabung elpiji ukuran 3 kg. Pemkab Rembang menambah kuota elpiji melon untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2015. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Suplai elpiji bersubsidi kemasan tiga kilogram dijamin aman, meskipun tingkat konsumsi masyarakat atas barang tersebut di Kabupaten Rembang pada saat Ramadan 1438 Hijriah diyakini meningkat.

Pasalnya, menurut Pelaksana Tugas Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Abdullah Zawawi, kuota elpiji bersubsidi tabung melon bagi daerah ini ditambah tujuh persen dari jatah biasanya.

“Masyarakat tidak perlu resah terhadap kemungkinan kelangkaan elpiji bersubsidi di Rembang. Sebab, alokasi kita sudah ditambah tujuh persen dari biasanya guna menghadapi Ramadan dan Lebaran,” katanya kepada mataairradio.com.

Kabupaten Rembang mendapat alokasi elpiji ukuran tiga kilogram untuk tahun 2017 sebanyak 4,57 juta tabung elpiji atau naik empat persen dibandingkan kuota elpiji yang diterima pada tahun 2016.

Jika dibagi rata, maka per bulan, alokasinya sebanyak 380 ribu tabung. Artinya, pada momentum Ramadan-Lebaran ini, tambahan kuota 26.600 tabung, sehingga terdapat suplai sebanyak 406.600 tabung di masa Mei-Juni.

“Kami kira, apabila distribusi di lapangan baik, tidak akan terjadi kelangkaan elpiji pada momentum Ramadan dan Lebaran ini. Kami juga akan memantau distribusinya di lapangan guna menghindarkan masyarakat dari kelangkaan,” terangnya.

Selain akan memantau distribusi, Zawawi menyatakan akan menindaklanjuti MoU dengan Pertamina mengenai penyaluran bright gas kemasan 5,5 kilogram di Kabupaten Rembang, guna mencegah kelangkaan elpiji melon saat Ramadan.

“Kami merencanakan untuk menjadikan koperasi-koperasi di tiap kecamatan sebagai pangkalan bright gas. Hal ini untuk menambah ketersediaan bright gas hingga ke daerah pelosok dan mengatasi kelangkaan,” katanya.

Pihak Pemkab Rembang menyatakan tidak akan menggelar operasi pasar elpiji bersubsidi selagi tidak ada kelangkaan yang signifikan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan